Persediaan minim, PMI imbau warga bergolongan darah A dan AB berdonor

id Donor Darah ,Darah Golongan A dan AB,Persediaan Darah ,Kantong Darah,PMI Kabupaten Sukabumi ,Pemkab Sukabumi ,Kabupaten

Persediaan minim, PMI imbau warga bergolongan darah A dan AB berdonor

Ilustrasi - donor darah (ANTARA)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi mengimbau kepada warga khususnya di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang bergolongan darah A dan AB untuk mendonorkan darahnya karena persediaannya sangat minim bahkan kosong.
 
"Dari data terakhir pada Selasa, (4/4) siang untuk golongan darah A persediaannya hanya satu kantong darah berukuran 350 cc, sementara AB tidak ada sama sekali persediaannya," kata Kabid Pelayanan Darah Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Sukabumi dr Gesti Rachmani di Sukabumi pada Selasa, (4/4).
 
Menurut Gesti, kurangnya bahkan kosongnya persediaan darah untuk golongan A dan AB ini salah satu faktor penyebabnya adalah permintaan tinggi sementara pendonor minim. Biasanya warga yang membutuhkan donor darah untuk golongan darah tersebut jika persediaannya sudah kosong maka membawa sendiri pendonor baik keluarga maupun rekannya.
 
Maka dari itu, untuk memenuhi persediaan darah khususnya golongan A dan AB pihaknya gencar melakukan "jemput bola" maupun mobile donor darah. Sekaligus memberikan imbauan kepada masyarakat untuk rutin
mendonorkan darahnya selain bisa membantu dan menyelamatkan jiwa orang lain, aksi sosial ini juga menyehatkan.
 
Selain itu, pada Bulan Suci Ramadhan 1444 H, pihaknya membuka layanan donor darah 24 jam yang bertempat di Markas PMI Kabupaten Sukabumi di Jalan Raya Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.
 
 
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024