Dukung pemulihan ekonomi, digitalisasi layanan bank sentral

id Bank Indonesia,Pemulihan Ekonomi,Layanan Bank Sentral,CBFest 2023

Dukung pemulihan ekonomi, digitalisasi layanan bank sentral

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Joewono (kedua dari kiri) dalam acara National Talks CBFest 2023 di Jakarta, Senin (19/06/2023). (ANTARA/HO-Bank Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Joewono dalam acara National Talks CBFest 2023, di Jakarta, Senin (19/6), menyebutkan digitalisasi layanan kebanksentralan mendukung pemulihan ekonomi Indonesia.

BI sebagai bank sentral memberikan layanan kebanksentralan bagi pemerintah dan pemangku kepentingan strategis untuk mendukung harmonisasi kebijakan.

Layanan itu di antaranya penatausahaan rekening giro, layanan subregistry dan penatausahaan surat berharga negara (SBN), layanan penatausahaan utang luar negeri (ULN) pemerintah, serta layanan surat kredit atau Letter of Credit (L/C) untuk pemerintah dan pemangku kepentingan strategis.

"Layanan L/C tersebut berperan penting dalam perdagangan internasional yang mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah dinamika global," ujar Doni dalam acara tersebut, seperti dikutip dari keterangan resmi, di Jakarta, Selasa.

Digitalisasi dalam proses pengelolaan L/C menjadi salah satu upaya efisiensi dalam proses perdagangan dan keuangan internasional. Lebih lanjut, digitalisasi layanan juga terwujud dalam proses perizinan di BI melalui implementasi e-Licensing.

Doni mengungkapkan digitalisasi telah diimplementasikan dalam setiap proses bisnis layanan kebanksentralan BI. Pada layanan L/C, digitalisasi dilakukan pada proses penerbitan, amendemen, serta pembatalan L/C melalui aplikasi layanan BI (Core Banking System/CBS).

Terdapat pula otomasi pada proses pelaporan dan advis bagi pengajuan L/C pemerintah, termasuk pada proses penelusuran perkembangan pengajuan L/C.

Dalam upaya meningkatkan layanan perizinan, BI menyediakan layanan perizinan terpadu (satu pintu) melalui e-Licensing guna memperlancar kemudahan berbisnis sektor keuangan, sehingga berkontribusi positif bagi pemulihan ekonomi. Pengajuan layanan perizinan tersebut dapat diakses melalui laman resmi www.bi.go.id/elicensing.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI sebut digitalisasi layanan kebanksentralan dukung pemulihan ekonomi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024