Waspadai gelombang tinggi hingga enam meter di beberapa perairan

id BMKG ,Gelombang tinggi ,Perairan Indonesia

Waspadai gelombang tinggi hingga enam meter di beberapa perairan

Peta potensi gelombang tinggi yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Senin (10/7/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat di sekitar pesisir waspada potensi gelombang tinggi hingga enam meter di beberapa wilayah perairan pada 10-11 Juli 2023.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo di Jakarta, Senin.

Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2,5-4 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kep. Nias, perairan barat Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudra Hindia Barat Aceh-Kep. Nias, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten, perairan selatan Jawa Barat-Jawa Tengah-Yogyakarta, perairan selatan Jawa Timur-Bali-NTB, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, perairan Kupang-P. Rote, Laut Sawu bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Kupang, Laut Banda, perairan Kep. Sermata-Kep. Tanimbar, Laut Arafuru.

Sedangkan, untuk gelombang lebih tinggi di kisaran 4-6 meter berpeluang terjadi di perairan barat Kep. Mentawai, perairan barat P. Enggano, Samudra Hindia Barat Kep. Mentawai-Lampung, Samudra Hindia Selatan Jawa-Bali-NTB.

"Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran," kata Eko Prasetyo.


 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspada gelombang tinggi hingga enam meter di beberapa perairan