SEAMEO Biotrop edukasi biodiversitas se-ASEAN

id Risa Rosita,SEAMEO Biotrop

SEAMEO Biotrop edukasi biodiversitas se-ASEAN

Pengurus BumDesa Batu Batuah Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah saat kunjungan ke di South Asean Minister Education (SEAMEO) Biotrop di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat (ANTARA/HO-YABN)

Kota Bogor (ANTARA) - SEAMEO Biotrop memperkuat presidensi Indonesia di ASEAN dengan memperluas implementasi hasil kajian edukasi siswa SMA/SMK mengenai pengetahuan biodiversitas atau keanekaragaman hayati ke negara-negara anggota.

"Terkait dengan penguatan SEAMEO Biotrop terhadap presidensi Indonesia itu sudah dilaksanakan dan sedang berjalan karena SEAMEO Biotrop sudah melakukan kajian dengan SEAMEO Center Risets Policy Network yang ada di Asia Tenggara dengan total 31 anggota," kata Kepala Seksi Teknologi Lingkungan dan Keamanan SEAMEO Biotrop Risa Rosita kepada ANTARA di Kota Bogor, Selasa.

Risa menerangkan bahwa SEAMEO Biotrop telah melakukan kajian untuk meningkatkan penelitian-penelitian berkualitas dalam mendukung kebijakan yang relevan dengan edukasi.

Hal itu karena untuk menjaga biodiversitas, selain dari sember daya alam juga harus mengeksplor sumber daya manusia yang ditanamkan kepada generasi-generasi muda.

Menurut dia, presidensi Indonesia strategis, sebab letak Indonesia ada di lempeng Asia Pasifik yang membentuk 75 persen gunung merapi dan 28 persennya ada di Indonesia sehingga edukasi menjadi kunci. Sebab dengan kondisi itu, negara ini rentan sekali terkena bencana alam, artinya sekali datang, pasti banyak yang hilang.

Indonesia termasuk negara megabiodiversitas di daratan namun jika ditambah dengan laut, menjadi yang pertama di ASEAN. Tetapi biodiversitas laut Indonesia belum sebesar biodiversitas di darat untuk eksplorasinya. Jadi memang perlu pengkajian lebih lanjut untuk yang di laut.

Misalnya, seperti kajian SEAMEO Biotrop yang melihat seberapa tinggi dan seberapa rendah kepedulian siswa SMA dan siswa SMK di Indonesia, nanti akan dikembangkan ke negara-negara Asia Tenggara, karena beberapa negara sudah menyetujui untuk mengimplementasikan dan mengadopsi dari kajian yang sudah dilakukan oleh Biotrop.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: SEAMEO Biotrop perkuat kajian edukasi biodiversitas se-ASEAN
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024