Perempuan berperan ciptakan budi pekerti SDM andal

id perempuan ,pembangunan,mayling oey-gardiner

Perempuan berperan ciptakan budi pekerti  SDM andal

Ketua Komisi Ilmu Sosial Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Mayling Oey-Gardiner di rumahnya di Jakarta, Kamis (27/7/2023). (ANTARA/Cindy Frishanti)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Ilmu Sosial Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Mayling Oey-Gardiner mengatakan bahwa perempuan punya peran besar dalam pembangunan, tetapi dengan syarat.

Mayling Oey-Gardiner mengatakan budi pekerti adalah salah satu syarat yang harus dimiliki agar perempuan bisa berperan dalam pembangunan.

“Pokoknya ada nilai, ada tata krama. Sekarang ‘kan ngga ada tata krama…budi pekerti,” kata Mayling dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Mayling juga mengatakan, hambatan perempuan untuk berperan dalam pembangunan adalah ketiadaannya nilai kebaikan seperti integritas, kejujuran, dan pola pikir bertumbuh.

Dia menyebutkan, salah satu cara mendapatkan hal tersebut adalah melalui pendidikan.

“Karena (schooling) pendidikan itu memungkinkan kita untuk selalu memperluas wawasan. Karena itu yang kita perlukan jika ingin menjadi sesuatu,” kata Mayling.

Menurut Mayling, kemajuan yang ada sekarang sudah cukup bagus karena sudah banyak perempuan yang mendapatkan pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi.

“Di perguruan tinggi, perempuan sudah lebih banyak,” ujar Mayling.

Dia juga mengatakan, banyak perempuan bisa bekerja di lembaga pemerintah dan swasta karena sudah mendapat pendidikan.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Akademisi: Budi pekerti salah satu syarat pembangunan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024