Bantul gandeng KPU siapkan pemilihan ketua OSIS serentak

id Sosialisasi Pemilos ,Pemkab Bantul ,KPU Bantul ,Pendidikan politik pemilih pemula

Bantul gandeng KPU siapkan pemilihan ketua OSIS serentak

Sosialisasi dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS serentak tahun 2023 oleh Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama KPU setempat, Rabu (9/8/2023). ANTARA/HO-KPU Bantul

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggandeng KPU setempat untuk menyiapkan pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) Serentak 2023 di seluruh jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Ketua KPU Kabupaten Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Rabu, menyebutkan sebanyak 130 sekolah terdiri atas SMA/SMK dan MA serta SMP dan MTs se-Bantul telah mengikuti kegiatan sosialisasi dalam rangka persiapan Pemilos 2023 yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) bersama KPU pada tanggal 8 dan 9 Agustus.

"Pemilos di Bantul sudah terlaksana setiap tahun sejak 2011, dan sudah mendapatkan apresiasi secara nasional sebagai salah satu inovasi pendidikan pemilih oleh KPU RI pada tahun 2019," katanya.

Pemilos didesain mirip dengan pelaksanaan pemilu sesungguhnya, baik dari tahapan maupun petugas yang dibutuhkan, masing-masing sekolah akan membentuk panitia pemilihan OSIS (PPO), panitia pengawas pemilos, serta KPPS sesuai jumlah TPS masing-masing sekolah.

"Selanjutnya akan dilaksanakan tahapan pemilos seperti pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye, persiapan logistik, kampanye, pemungutan suara, sampai dengan penetapan calon terpilih ketua OSIS," katanya.

Pada prinsipnya, kata dia, pelaksanaan pemilos adalah simpel dan murah. Simpel karena dilaksanakan dalam durasi yang pendek meski semua tahapan pemilos sudah menyesuaikan tahapan pemilu, serta murah karena semua perlengkapan pemilos sudah ada di sekolah sehingga dapat menekan biaya.

"Pelaksanaan pemilos juga menerapkan asas pemilu seperti langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Bakesbangpol Bantul Suparmadi mengatakan bahwa pemilos setiap tahun sekali ini merupakan bentuk pendidikan politik, khususnya kepada pemilih pemula di Kabupaten Bantul.

"Pemkab Bantul menaruh perhatian tinggi terhadap pendidikan pemilih, khususnya kepada pemilih pemula. Hal ini dibuktikan dengan kesinambungan pelaksanaan pemilos dari tahun ke tahun secara serentak, baik untuk jenjang SMA maupun SMP," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan pemungutan suara pada pemilos di Bantul rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 4—5 September 2023 untuk jenjang SMA dan pada tanggal 6—7 September 2023 untuk jenjang SMP.