KPU Bantul: Pemilos 2022 SMP-SMA sebagai investasi demokrasi pada Pemilu 2024

id Peluncuran Pemilos ,Investasi demokrasi ,Pendidikan pemilih

KPU Bantul: Pemilos 2022 SMP-SMA sebagai investasi demokrasi pada Pemilu 2024

Peluncuran Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) secara daring oleh Pemerintah Kabupaten Bantul bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul, DIY, Rabu (12/10/2022) (ANTARA/HO-KPU Bantul)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan bahwa Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) Tahun 2022 untuk jenjang SMP dan SMA sederajat di daerah ini bisa menjadi investasi demokrasi pada Pemilu 2024.

"Bagi KPU, Pemilos 2022 adalah investasi demokrasi, terutama untuk penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024. Hal ini karena para siswa, terutama untuk SMA/SMK dan MA akan menjadi pemilih pemula pada pemilu mendatang," kata Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho usai peluncuran e-Pemilos di Bantul, Rabu.

Pemilos 2022 yang diikuti 188 sekolah ini menggunakan aplikasi EVOSS (Electronic Voting System fot Student). Aplikasi yang dikembangkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bantul dibuat praktis sehingga siswa selaku pemilih dapat mengakses tiga fitur.

Fitur tersebut untuk menampilkan profil calon ketua OSIS, fitur untuk melihat visi, misi, dan program masing-masing calon, serta fitur melakukan pemungutan suara.

Didik mengatakan melalui Pemilos 2022 maka para siswa akan berperan secara langsung, baik sebagai pemilih maupun penyelenggara, dan hal ini akan membuat para siswa terbiasa saat menjadi pemilih pemula dalam pemilu.

"Diharapkan para siswa yang notabene pemilih pemula ini menjadi penyelenggara pemilu, terutama menjadi petugas KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) di wilayah tempat tinggal masing-masing," katanya.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Bantul Musnif Istiqomah mengatakan Pemilos 2022 yang didesain seperti tahapan pemilu atau pilkada ini metode pendidikan pemilih yang dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahun sekali.

Menurut dia, Pemilos 2022 di Kabupaten Bantul dimulai sejak tahun 2011 dan merupakan hasil kerja sama antara KPU Bantul, Pemerintah Kabupaten Bantul, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bantul, serta Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Bantul.

Dia mengatakan dalam pelaksanaannya, para panitia pemilihan ketua OSIS di masing-masing sekolah melakukan pemutakhiran data pemilih, dilanjutkan dengan tahapan pencalonan, kampanye untuk para calon ketua OSIS, pemungutan, penghitungan suara, dan penetapan calon terpilih.

"Para ketua OSIS terpilih ini direncanakan akan dikukuhkan secara resmi oleh Bupati Bantul pada 28 Oktober 2022 bertepatan dengan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024