Some Island rilis lagu kelima berjudul "Melawan Dunia"

id some island

Some Island rilis lagu kelima berjudul "Melawan Dunia"

Grup band Some Island (ANTARA/HO-Some Island)

Yogyakarta (ANTARA) - Grup band Some Island merilis lagu kelima berjudul "Melawan Dunia" yang bernuansa beat dan lebih terasa fresh dibandingkan dengan lagu-lagu mereka sebelumnya.

"Usai produktif mengeluarkan empat lagu sejak 2021, kini Some Island kembali mengeluarkan karya baru berupa single, yang berbeda dengan empat lagu sebelumnya," kata vokalis Some Island Agung Prasetyo dalam siaran pers yang diterima di Yogyakarta, Jumat.

Lirik lagu "Melawan Dunia" secara garis besar bercerita tentang ajakan untuk siapa saja dalam meraih mimpi. Lalu di beberapa penggalan liriknya juga menyampaikan bahwa sebuah pencapaian pasti melalui proses terlebih dahulu.

"Kami ingin mengingatkan teman-teman bahwa semua yang kita lakukan dalam keseharian butuh waktu, tidak ada yang instan. Percaya pada proses, bahagia akan tiba pada akhir cerita," ujar Agung Prasetyo.

Secara keseluruhan, notasi dan lirik "Melawan Dunia" diciptakan oleh Ardhani Leo Renjana (Ardha). Namun dalam prosesnya, lagu ini sebetulnya hasil pengembangan dari Anshar Aziz (Ancal), adik kandung Ardha, yang juga turut mengibarkan bendera Some Island di departemen gitar.

"Untuk aransemennya, kita kerjakan bersama-sama seluruh personel. Aransemen lagu ini juga kebetulan juga sangat berbeda dari empat lagu Some Island sebelumnya yang lebih pelan dan mendayu-dayu," ujar Ardha.

"Kita mencoba meramu lagu upbeat agar pendengar Some Island juga tidak jenuh mendengarkan suasana lagu yang itu-itu saja. Secara sound design, kami juga garap lebih serius daripada lagu-lagu sebelumnya," kata Ancal menambahkan.

Dalam proses produksinya, lagu "Melawan Dunia" direkam di Neverland Studio. Untuk sound engineer dan proses mixing diserahkan kepada Tutoet Daru (ROKET, Everlong). Proses akhir audio (mastering) mempercayakan pada Steve Corrao di Sage Audio. Artwork single dibuat oleh Wawa Kzk (The Melting Minds).

"Ini juga untuk pertama kalinya Some Island mencoba mastering lagu di luar negeri untuk mendapatkan hasil serta nuansa yang berbeda agar hasil akhirnya juga terasa lebih fresh," kata Agung Prasetyo.

Lagu "Melawan Dunia" rilis pada Jumat (18/8) di gerai-gerai musik digital seperti Spotify, Apple Music. Sedangkan untuk video klipnya juga mengudara di kanal YouTube FROGSTONE pada hari yang sama.

Pengerjaan video klip Some Island juga masih mempercayakan sentuhan Bagoes Kresnawan dari GAS.ID seperti karya-karya visual mereka sebelumnya.

Sekadar diketahui, Some Island merupakan grup band yang terbentuk dalam sebuah acara konser musik kecil di Yogyakarta, "Golden Wish: Brokenheart Radio Club". Proyek ini awalnya digagas oleh Tomo Widayat agar genre musik pop 2000-an bisa kembali bergaung di masyarakat.

Some Island diisi oleh musisi-musisi Yogyakarta yang sudah tak asing lagi namanya, seperti Agung Prasetyo (vokal), Ardha "Buzzbandits" (bass), Anshar "Ancal" Aziz (gitar), Gilank Rizqi (gitar), Tebo Riyadi (keyboard), dan Finno Hidayat (drum).

Empat karya lagu yang sudah dikeluarkan Some Island adalah "Bantu Aku" (2021), "Benar-Benar Terjadi" (2021), "PPKM (Pelan Pelan Kucoba Melupakanmu)" (2022), dan "Lelah Disiksa Rindu (LDR)" (2022). Keempat lagu itu dikelola oleh Frogs Records.

Semua lagunya juga telah dirilis melalui karya audio visual berupa video klip yang dibuat oleh Bagoes Kresnawan (ALTER\EGO, NYK Guns) bersama teman-teman yang bernaung di rumah produksi Gelora Abadi Sentosa Indonesia (GAS.ID).