Pembagian 15 ribu cup susu kambing etawa di Ponpes Ora Aji pecahkan rekor MURI

id susu kambing,etawa,muri

Pembagian 15 ribu cup susu kambing etawa di Ponpes Ora Aji pecahkan rekor MURI

Pembagian 15 ribu cup susu kambing etawa di Ponpes Ora Aji Sleman, DIY, Sabtu (2/9/2023) memecahkan rekor MURI (ANTARA/HO-BBY)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 15 ribu cup susu kambing etawa dibagikan secara gratis di area Pondok Pesantren Ora Aji asuhan Gus Miftah di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (2/9).

Dalam aksi yang diinisiasi PT Berkah Bumi Yogyakarta (BBY), produsen susu kambing etawa merek Etasium, itu juga memecahkan rekor MURI kategori minum susu kambing etawa terbanyak.

Pembagian susu kambing itu menyasar jamaah pengajian Gus Miftah dan warga umum.

Penyelenggara aksi minum susu kambing etawa terbanyak yang juga Direktur Utama PT Berkah Bumi Yogyakarta Eko Riyanto mengungkapkan tema besar aksi ini "Menyehatkan dan Menyatukan Bangsa Dengan Minum Susu Kambing".

"Dari kegiatan ini kami ingin meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap konsumsi susu kambing yang berkualitas dan bermanfaat bagi kesehatan," kata Eko Riyanto di sela kegiatan.

Ia menjelaskan susu kambing merupakan salah satu produk hewani yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. 

"Kandungan kalsium susu kambing Etasium yang kami bagikan hari ini lima kali lebih tinggi dari susu kambing biasa," kata Eko.

Susu kambing mengandung protein, kalsium, fosfor, vitamin, mineral, dan asam lemak esensial yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Susu kambing juga dapat mencegah osteoporosis, menurunkan kolesterol, mengatasi alergi, dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Selain itu, susu kambing juga memiliki rasa yang lezat dan mudah dicerna oleh tubuh.

"Sayangnya, konsumsi susu kambing di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain," kata Eko. 

Eko mengacu data dari Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata konsumsi susu per kapita di Indonesia hanya sekitar 13 liter per tahun, jauh di bawah rata-rata dunia yang mencapai 108 liter per tahun. 

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya konsumsi susu di Indonesia adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan manfaat susu bagi kesehatan, terutama susu kambing.

Eko mengatakan melalui merek Etasium pihaknya ingin meghadirkan susu kambing etawa berkualitas premium untuk masyarakat Indonesia.

Dengan sederet manfaat seperti menjaga kesehatan otot setelah beraktivitas, meredakan nyeri sendi, membentuk antibodi, mengatasi gangguan pernapasan, meredakan asam lambung, menstabilkan mood, menyeimbangkan kadar gula darah, membantu detoks tubuh, membantu tumbuh kembang otak anak hingga menutrisi ibu hamil dan ibu menyusui.

"Etasium itu aman dikonsumsi setiap hari, dapat dikonsumsi di atas usia 2 tahun dan berbahan organik, tanpa pemanis buatan, tanpa pewarna dan tanpa bahan pengawet," kata Eko.

Pengasuh Ponpes Ora Aji Gus Miftah mengapresiasi dan bersyukur atas inisiatif yang luar biasa dari Susu Kambing Etasium yang telah mengadakan acara pembagian susu kambing gratis kepada jamaah untuk berbagi kebaikan kepada masyarakat.

"Apalagi, susu kambing merupakan minuman yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan, sebagaimana Rasulullah SAW lebih memilih minum susu kambing dibandingkan susu unta maupun susu sapi," kata Gus Miftah.
 
"Saya juga berharap, acara ini bukan hanya tentang memecahkan rekor MURI, tetapi juga tentang memberikan manfaat nyata kepada masyarakat. Semoga Susu Kambing Etasium semakin sukses dan terus memberikan manfaat bagi masyarakat," kata Gus Miftah lagi.

Pendiri Susu Kambing Etasium Eko Riyanto menambahkan, pihaknya sangat berterima kasih atas dukungan Gus Miftah dan jamaah pengajiannya dalam acara pemecahan rekor MURI pembagian susu kambing gratis terbanyak.

"Acara ini merupakan momentum yang berharga bagi kami untuk lebih mengenalkan manfaat susu kambing kepada masyarakat luas," kata Eko.

Ia menyatakan pihaknya akan senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas produk susu Etasium agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan minuman yang sehat dan bermanfaat. 

"Kami juga akan terus berinovasi untuk menciptakan produk-produk susu kambing yang lebih beragam dan menarik. Kami berharap produk susu Etasium dapat menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan," kata dia.

Senior Manager MURI Triyono mengatakan, aksi bagi-bagi susu kambing etawa gratis sebanyak 15 ribu cup dalam satu hari ini memecahkan rekor kategori superlatif.

"Masuk kategori rekor superlatif, yaitu sesuatu yang terbanyak. Dalam catatan MURI, memang sampai saat ini belum pernah ada pembagian susu kambing yang sebanyak ini, di satu lokasi, dalam satu waktu yang sama. Oleh karena itu, kami memberikan pembagian sebagai pembagian susu kambing yang terbanyak di Indonesia kepada Etasium," kata Triyono di Ponpes Ora Aji, Sabtu (3/9).

Triyono menambahkan, aksi kali ini tercatat dalam urutan pemecahan rekor MURI yang ke 11.198.

"Semoga ini bisa memberikan manfaat yang menerima dan mengedukasi masyarakat bahwa susu kambing tak kalah dengan susu sapi sebagai alternatif," katanya.