Tak berpotensi tsunami gempa Donggala, Sulawesi Tengah

id BMKG ,Gempa bumi,Sulawesi Tengah ,Kabupaten Donggala ,Kota Palu

Tak berpotensi tsunami gempa Donggala, Sulawesi Tengah

Tangkapan layar- Peta gempa dirilis BMKG yang mengguncang wilayah Donggala, Sabtu (9/9/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

Palu (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,3 yang mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu pukul 21.43 WIB tidak berpotensi tsunami.
 
"Hasil pemodelan tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulis.
 
Ia menyampaikan bahwa berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,1.
 
BMKG di Jakarta, Sabtu, mencatat episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,02 derajat Lintang Utara; 119,77 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 49 kilometer barat laut Donggala, Sulawesi Tengah, pada kedalaman 20 kilometer.
 
 
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Palu Koro," katanya.
 
Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).
 
Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Donggala dengan skala intensitas V-VI MMI (getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar), daerah Kota Palu dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).
 
Kemudian Kabupaten Poso, Sigi, dan Toli-toli dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu), daerah Pohuwatu, Kabupaten Gorontalo dan Samarinda dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Gempa Donggala Sulteng tidak berpotensi tsunami
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024