Humas Polres Kulon Progo menanam bibit mangrove di Pasir Kadilangu

id Mangrove,Pasir Kadilangu,Kulon Progo,Polres Kulon Progo

Humas Polres Kulon Progo menanam bibit mangrove di Pasir Kadilangu

Jajaran Humas Polres Kulon Progo, Paguyuban Wartawan Kulon Progo dan penggiat mangrove menanam bibit mangrove di Pasir Kadilangu, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Jajaran Humas Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menanam bibit mangrove di kawasan Pasir Kadilangu untuk mendukung perkembangan pariwisata dan mencegah abrasi di wilayah ini.

Kasi Humas Polres Kulon Progo Iptu Triatmi Noviartuti di Kulon Progo, Jumat, mengatakan kegiatan ini berkaitan dengan peringatan HUT ke-72 Humas Polri 2023.

"Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT Humas Polri pada 30 Oktober mendatang," kata Novi.

Ia mengatakan kegiatan bakti lingkungan ini merupakan wujud peran serta aktif Humas Polres Kulon Progo dalam menjaga dan melestarikan alam. Kegiatan bakti lingkungan ini memilih jenis tanaman mangrove. Tempat yang dipilih adalah lokasi-lokasi bantaran sungai yang yang merupakan bermuara dengan laut lepas.

Menurut dia, tanaman mangrove untuk menahan abrasi air laut dan dalam jangka panjang bisa bermanfaat sebagai tujuan wisata yang memiliki daya tarik tersendiri di Kulon Progo.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak karena dalam kesempatan ini, kami bisa bersama-sama terjun langsung untuk penanaman bibit pohon mangrove dengan harapan menjaga kelestarian hutan mangrove dan harapan kami semoga kegiatan-kegiatan bakti dan peduli lingkungan ini terus dapat kita laksanakan dan kami juga mengajak semua komunitas," katanya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Mangrove Kulon Progo Suparyono mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas partisipasi dari Polres khususnya dari Humas Kulon Progo ini.  Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua khususnya KTH Pasir Kadilangu dan kemudian bisa bertambah fungsi untuk pariwisata khususnya selain menahan abrasi

Ia mengatakan mangrove memiliki manfaat cukup banyak, selain mencegah abrasi dan erosi juga sebagai pelindung dari hutan hewan-hewan yang ada di sekitarnya kemudian bisa buahnya dimanfaatkan untuk minuman dan jamu.

“Namun untuk sekarang masih dipelihara karena masih kecil, mudah-mudahan nanti ke depannya selain untuk abrasi erosi, kalau sudah menghasilkan buah dapat diolah sebagai minuman atau jamu," katanya.