Festval "Kota Kata Kita" dukung kualitas SDM

id Kemendikbudristek,Kebudayaan,PKN 2023

Festval "Kota Kata Kita" dukung kualitas SDM

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid membuka Festival Kata Kota Kita di M Bloc Space, Jakarta, Rabu (18/10/2023). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui penyelenggaraan Festival Kota Kata Kita yang merupakan langkah awal dari perhelatan akbar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023.

Festival Kata Kota Kita yang berlangsung mulai 18 hingga 22 Oktober 2023 di M Bloc Space Jakarta ini, merupakan salah satu bagian Kuratorial Gerakan Kalcer yang mewadahi pertemuan ragam suara warga kota di simpul kalcer.

“Melalui festival ini kami ingin membangun komunikasi di berbagai level dengan ragam media untuk penduduk kota sebab ada satu dimensi yang tidak bisa diukur dengan infrastruktur yaitu pembangunan manusia,” kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid dalam pembukaan Festival Kata Kota Kita di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan festival tersebut akan mampu memantik kolaborasi kreatif yang berdampak lestari terhadap pengembangan Jakarta, baik tentang masyarakat, tempat, ruang, aktivitas, lingkungan, maupun fasilitas publik.

Ia menekankan pentingnya pembangunan manusia di kota-kota selain dari pembangunan infrastruktur sehingga diharapkan festival ini dapat memicu pembangunan manusia dan percakapan yang terus terjadi di berbagai level.

“Pembangunan manusia ini jantungnya adalah kebudayaan. Festival Kata Kota Kita dimaksudkan untuk memicu percakapan yang akan terus terjadi. Syukur ini menjadi gerakan saling menghubungkan satu sama lain yang erat tentang kebudayaan,” kata Hilmar.

Ketua Pelaksana Festival Kota Kata Kita Tatty Apriliyana menjelaskan Kota Kata Kita menampilkan purwarupa yang memadukan kecerdasan artifisial dengan sentuhan seni rupa, grafis, dan visual percakapan warga kota lewat karya seni.

“Kita percaya ruang tamu adalah tempat berkata-kata sehingga itu namanya menjadi Kata Kota Kita” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbud dukung pembangunan SDM lewat Festval Kota Kata Kita
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024