Mahfud MD mampu tambah kekuatan Ganjar di Jatim

id UPH,Emrus Sihombing,Ganjar Pranowo,Mahfud MD,Pilpres 2024

Mahfud MD mampu tambah kekuatan Ganjar di Jatim

Bakal pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD saat pertemuan dengan pekerja kreatif di Jakarta, Senin (23/10/2023). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat sekaligus pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai sosok Mahfud MD dapat mempertebal kekuatan Ganjar Pranowo meraup suara pemilih di Jawa Timur, khususnya di wilayah Tapal Kuda dan Madura.

"Saya berkata seperti itu karena beliau (Mahfud MD) dari sana asalnya," kata Emrus dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Tapal kuda adalah sebutan bagi kawasan di bagian timur Jawa Timur yang mencakup tujuh kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, dan Probolinggo.

Bakal calon wakil presiden Mahfud MD lahir di Kabupaten Sampang, Pulau Madura, Jawa Timur.

Menurut Emrus, figur sekaliber Mahfud merupakan tokoh intelektual di bidang hukum dan dikenal cukup religius. Sosok Mahfud dinilai bisa memikat warga Nahdlatul Ulama (NU) di wilayah Tapal Kuda dan Madura.

"Selain itu, dia (Mahfud MD) adalah Gusdurian. Dia bisa dikatakan murid loyal Gus Dur yang setia," imbuhnya.

Selain itu, Emrus menilai citra Mahfud sebagai figur NU kultural dari Madura, yang ditopang oleh kualitas personalnya sebagai ahli hukum tata negara, bisa menjadi harapan sebagai penyuara aspirasi politik warga NU.

Mahfud pun tinggal mendatangi kawasan tersebut untuk membangun ikatan lebih erat dengan pemilih dari NU.

"Dengan kemampuan yang dimiliki, saya pikir di daerah yang kental dengan NU, seperti Madura dan Tapal Kuda, saya kira dia mendulang suara di daerah ini. Pada umumnya, masyarakat melihat dari sisi religius Pak Mahfud," kata Emrus.

Dia juga menyebut Mahfud lebih berpeluang dipilih warga NU dari Madura dan wilayah Tapal Kuda daripada bakal cawapres Muhaimin Iskandar, yang juga cukup berpengaruh di kalangan warga NU di Jawa Timur.

"Muhaimin meninggalkan Gus Dur. Itu menjadi catatan juga. Tetapi, coba lihat Mahfud MD, catatan dia positif. Rekam jejak atau langkah dari Mahfud MD baik. Dia tidak mau melakukan manuver untuk politik pragmatis," jelas Emrus.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat sebut Mahfud mampu tambah kekuatan Ganjar di Tapal Kuda
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024