Australia: Dunia harus bersatu lawan islamofobia

id australia,islamofobia,penny wong

Australia: Dunia harus bersatu lawan islamofobia

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong saat berpidato dalam Sidang ke-78 Majelis Umum PBB di New York, AS, Jumat (22/9/2023). (ANTARA/HO-UN Photo)

Istanbul (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong pada Selasa menyeru dunia untuk "bersatu melawan Islamofobia".

Pernyataan tersebut muncul setelah dua masjid di Adelaide, Australia Selatan mendapat serangan pembakaran minggu lalu, sebuah perkembangan yang dia sebut membuatnya 'terkejut'

"Kita semua, termasuk para pemimpin politik, harus bersatu melawan Islamofobia," tulis Wong pada X. "Kita semua memiliki kewajiban untuk menghentikan diskriminasi, ujaran kebencian, dan prasangka dimanapun melihatnya."

Pemerintah Perdana Menteri Anthony Albanese "mendukung warga Palestina Australia, Muslim dan komunitas lainnya yang terdampak oleh konflik serta Dewan Eksekutif Yahudi Australia,” tambah dia.

Ahmad Zreika, ketua Masyarakat Islam Australia Selatan, mengatakan bahwa penduduk setempat telah menyaksikan tindakan kejahatan kebencian sejak pecahnya konflik Israel-Hamas pada awal bulan ini.

"Tidak ada keraguan bahwa yang terjadi di Gaza dan Israel, dan dukungan media dan politikus Barat terhadap Israel, telah memicu pola pikir ini di kalangan kelompok tertentu, menyebabkan ketakutan terhadap Islam dan Muslim meningkat," ujar Zreika kepada 7News.

Sumber: Anadolu

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menlu Australia serukan dunia "bersatu lawan Islamofobia"
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024