Dee: Proses menulis fiksi lebih sulit ketimbang biografi

id Dewi lestari, dee lestari, penulis

Dee: Proses menulis fiksi lebih sulit ketimbang biografi

Penulis novel dan penyanyi Dewi Lestari atau yang dikenal sebagai Dee Lestari (ANTARA/Instagram @deelestari)

Jakarta (ANTARA) -
Penulis dan penyanyi Dewi "Dee" lestari menyebut proses menulis cerita bergenre fiksi diakuinya lebih sulit karena harus membangun cerita dari nol, dibanding ketika menulis cerita biografi tentang seseorang.
 
"Tantangannya kalau nulis fiksi saya bikin dunianya dari nol, kalo biografi saya menulis dunia yang sudah," kata Dee yang ditemui pada acara Festival Pustaka Sastra Tokopedia di Jakarta, Rabu.
 
Ia mengakui, membangun cerita fiksi tetap lebih sulit karena harus membangun cerita yang sebelumnya tidak ada. Sedangkan saat menulis cerita biografi, ia perlu menghidupkan dunia yang sudah ada dengan grafik yang lebih dramatis dari kehidupan nyata.
 
Hal itu diucapkannya saat menceritakan sedang mengerjakan buku yang berisi biografi tentang sang ayah, yang diharapkan bisa dinikmati pembaca tahun depan.
 
Sementara itu, dalam setiap proses menulis, Dee mengatakan seorang penulis akan terus belajar seumur hidup. Sehingga ia menyarankan pada siapapun yang ingin memulai menjadi penulis harus mau terus belajar.
 
"Jangan takut untuk mencoba dan harus mau terus belajar karena nulis tidak ada kata "jago"nya, sampai seumur hidup akan belajar terus," katanya.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dewi Lestari sebut proses menulis fiksi lebih sulit dari biografi