FLP Jepang intensifkan dakwah literasi

id FLP Jepang,Forum Lingkar Pena,komunitas menulis,diaspora,Jepang

FLP Jepang intensifkan dakwah literasi

Kegiatan Pena Festival oleh Forum Lingkar Pena Jepang di Tokyo, Sabtu (28/10/2023). (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Tokyo (ANTARA) - Forum Lingkar Pena Jepang terus menggiatkan dakwah literasi yang berkeadaban melalui karya-karya anggota di bumi Sakura.

“Visi dan misi FLP Jepang secara umum mungkin dengan FLP di Indonesia, yakni memajukan literasi berkeadaban tetapi untuk di Jepang sendiri mungkin kita punya misi dakwah literasi untuk masyarakat Jepang,” kata Ketua FLP Jepang Dian Novitasari dalam acara Pena Festival di Tokyo, Sabtu.

Menurut Dian, tingkat literasi di Jepang terbilang tinggi, tetapi dengan adanya karya-karya dari FLP Jepang dapat mengarahkan lebih kepada kebaikan.

“Kita arahkan lagi untuk menjadi duta yang membawa kebenaran untuk kebaikan meskipun langkah-langkah kita ini masih terhitung kecil, tetapi kita tetap berusaha,” katanya.

Dia menambahkan FLP Jepang juga hadir untuk menyajikan karya dengan informasi yang akurat serta kontekstual sesuai dengan kondisi sebenarnya di negara tersebut, terutama masyarakat Indonesia.

Dian menyebutkan tantangan yang dihadapi saat ini adalah anggota yang terpencar di sejumlah wilayah Jepang serta sempat mengalami hibernasi yang cukup panjang dan terhalang pandemi COVID-19.

Cikal bakal FLP Jepang bermula dari penulisan buletin Persatuan Mahasiswa Muslim Jepang 19 tahun silam.

Terhitung sejak 2020, anggota FLP Jepang berjumlah 71 orang yang tersebar dari wilayah utara, Hokkaido, hingga wilayah selatan, Fukuoka.
 

Menurut dia, cukup sulit untuk mengumpulkan anggota secara langsung guna merumuskan ide untuk menghasilkan karya-karya selanjutnya.

Meski demikian, organisasi literasi itu aktif di berbagai kegiatan daring, seperti Senandika, yakni kegiatan menulis bulanan terkait tema tertentu dan diulas oleh sesama penulis.

Selain itu, mereka membahas soal-soal Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI), mempromosikan karya-karya diaspora lewat Market Day, serta berbagai ilmu terutama tentang kepenulisan melalui Pena Labo dan berbagai pelatihan menulis karya fiksi maupun non-fiksi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: FLP Jepang giatkan dakwah literasi di bumi Sakura

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024