Anak Papua diajak cintai-lestarikan bahasa daerah

id Hafidz Muksin,Festival Tunas Bahasa Ibu,revitalisasi bahasa daerah,Melestarikan bahasa daerah,bahasa daerah

Anak Papua diajak cintai-lestarikan bahasa daerah

Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua Sukardi Gau (keempat kiri) dan Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek Hafidz Muksin (keempat kanan) berfoto bersama dengan para pemenang dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Papua Tahun 2023, Rabu (22/11/2023). (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jayapura (ANTARA) - Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hafidz Muksin mengajak anak-anak Papua untuk mencintai dan melestarikan bahasa daerah.

"Kita harus mencintai bahasa daerah. Dengan pengenalan lagu-lagu daerah sejak kecil, maka sampai kelak besar masih hafal lagu-lagu tersebut, dan itu akan ditularkan ke anak cucunya. Melalui mendongeng, atau bercerita, berpidato ini penggunaan bahasa daerah bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan," kata Hafidz Muksin di Kota Jayapura, Papua, Kamis.

Hafidz Muksin pun mendorong anak-anak untuk menerapkan Trigatra Bangun Bahasa, yakni dengan mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Balai Bahasa Provinsi Papua, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melakukan program revitalisasi bahasa daerah lewat Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Papua Tahun 2023 sebagai upaya untuk melestarikan bahasa daerah.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemdikbudristek ajak anak Papua cintai dan lestarikan bahasa daerah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024