Zona pekarangan tantangan utama jaga buah lokal, beber BRIN

id Buah Lokal,Varietas Buah,Ketahanan Pangan,DKI Jakarta

Zona pekarangan tantangan utama jaga buah lokal, beber BRIN

Tangkapan layar Peneliti Utama WBS1 Pusat Riset Hortikultura dan Perkebunan (PRHP) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr Ir Sudarmadi Purnama memberikan paparan dalam sebuah diskusi daring di Jakarta, Selasa (5/12/2023). (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Jakarta (ANTARA) - Peneliti Utama WBS1 Pusat Riset Hortikultura dan Perkebunan (PRHP) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr Ir Sudarmadi Purnama menjelaskan tantangan utama dalam menjaga varietas lokal buah-buahan seringkali muncul di zona pekarangan.

“Tantangan utama muncul dari zona-zona pekarangan yang rawan tergusur oleh kebutuhan lain yang dianggap lebih mendesak,” kata dia dalam sebuah diskusi daring di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, wilayah-wilayah yang ditetapkan untuk pengembangan bisnis buah-buahan memiliki risiko kendala yang lebih rendah, sebab orientasi utamanya lebih kepada memperkuat citra serta reputasi berbagai jenis buah-buahan yang dihasilkan.

Dalam kawasan-kawasan yang menjadi kantong-kantong sumber daya genetik, kata dia, kebutuhan akan pengembangan ekonomi baru menjadi salah satu harapan yang diusung.

Dia mengungkapkan permasalahan kedua yang dihadapi untuk menjaga varietas lokal buah-buahan terkait dengan program-program yang seringkali bersifat dinamis.

“Jadi kita ini kadang-kadang programnya berubah-ubah, apalagi kalau untuk varietas sumber daya genetik lokal yang punya masyarakat,” ujarnya.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN: Zona pekarangan tantangan utama jaga buah lokal
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024