KPU Bantul menunggu juknis pusat untuk sortir surat suara pilpres

id KPU Bantul ,Sortir surat suara ,Pemilu 2024,Logistik Pemilu

KPU Bantul menunggu juknis pusat untuk sortir surat suara pilpres

Ketua KPU Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Joko Santoso menunjukkan surat suara Pilpres di gudang logistik Jalan Parangtritis, Bantul, DIY. Kamis (28/12/2023) (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI untuk menyortir surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden meski logistik Pemilu 2024 itu sudah diterima Rabu (27/12).

"Kita mulai awal Januari 2024 untuk tahapan sortir dan lipat surat suara pilpres, dan sekarang kita masih menunggu juknis (petunjuk teknis) untuk sortir dan melipatnya," kata Ketua KPU Bantul Joko Santoso disela mengecek gudang logistik Pemilu di Bantul, Kamis.

Menurut dia, pihaknya sudah menerima kiriman logistik pemilu dari penyedia berupa surat suara pilpres sebanyak 758.449 lembar surat suara ditambah 1.000 lembar untuk pemungutan suara ulang (PSU). Logistik tersebut kini disimpan di gudang logistik KPU Bantul bersama dengan logistik lainnya.

"Jadi nanti kita sortir menunggu juknis dan SOP (standar operasional prosedur) apakah surat suara yang begini boleh digunakan atau tidak boleh, kategori rusak yang baik bagaimana, kan dimungkinkan ada tinta yang 'ngeblok', itu surat suara nanti kita lakukan sortir, setelah itu kita lipat," katanya.

Dia mengatakan dalam menyortir dan melipat surat suara pilpres di gudang logistik Jalan Parangtritis Bantul nantinya, KPU akan melibatkan tenaga dari masyarakat umum dan kalangan penyandang disabilitas.

"Jadi surat suara yang rusak akan diketahui pascasortir dan lipat, setelah itu ada berita acara, karena kalau penyedia tidak bisa langsung mencetak maka harus ada berita acara berapa yang kategori rusak, kategori tidak, karena percetakan tidak tahu misal ada yang 'ngeblok', dan sebagainya," katanya.

Ia mengatakan, sampai saat ini, logistik Pemilu 2024 yang sudah diterima KPU Bantul adalah kotak suara lengkap sekitar 15 ribuan, bilik suara, alat untuk mencoblos beserta bantalan, kemudian segel  kabel ties untuk ikat, dan kelengkapan alat di TPS lainnya.

"Sudah datang semuanya, tinggal menunggu surat suara yang untuk pemilihan legislatif baik pemilihan DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten, kalau DPR direncanakan tanggal 3 hingga 4 Januari," katanya.

Dia mengatakan kemudian untuk surat suara DPRD kabupaten diperkirakan akan dikirimkan ke KPU Bantul pada sekitar tanggal 13 dan 14 Januari 2024, kemudian berbagai formulir untuk keperluan TPS diperkirakan pada tanggal 6 dan 7 Januari 2024.