Polres Bantul bersama warga Wukirsari menggelar deklarasi pemilu damai

id Deklarasi Pemilu Damai ,Pemilu berintegritas ,Polres dan warga Wukirsari

Polres Bantul bersama warga Wukirsari menggelar deklarasi pemilu damai

Polres Bantul bersama masyarakat Kelurahan Wukirsari, Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar deklarasi pemilu damai, di Balai Kelurahan Wukirsari, Jumat (5/1/2024). ANTARA/HO-Humas Polres Bantul.

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul bersama warga Kelurahan Wukirsari, Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar deklarasi pemilu damai sebagai komitmen bersama dalam mewujudkan pemilu 2024 yang aman, tertib, damai dan berintegritas.

"Deklarasi pemilu damai ini merupakan upaya mengajak elemen masyarakat untuk berkomitmen dalam menjaga pelaksanaan pemilu agar berlangsung secara aman, damai, lancar dan kondusif," kata Kapolres Bantul AKBP Michael R Risakotta dalam keterangannya usai deklarasi di Bantul, Jumat.

Pihaknya menekankan bahwa momen deklarasi pemilu damai adalah langkah awal untuk menyatukan persepsi tentang proses pelaksanaan pemilu yang akan menjadi tanggung jawab bersama dalam mengawal dan mengamankan penyelenggaraan pemilu 2024.

"Pesta demokrasi ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, penyelenggara pemilu dan peserta pemilu, akan tetapi semua elemen masyarakat juga harus ikut berperan aktif ambil bagian demi suksesnya pemilu mendatang," katanya.

Dalam deklarasi pemilu damai yang diikuti segenap elemen masyarakat Kelurahan Wukirsari, Imogiri tersebut, warga berikrar, menyatakan dan berkomitmen untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Peserta deklarasi pemilu damai juga bertekad untuk mensukseskan pemilu 2024 yang bermartabat berintegritas, jujur, adil, aman dan demokratis.

Selain itu, mereka juga berkomitmen selalu tunduk dan patuh pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Kemudian, secara tegas warga Kelurahan Wukirsari juga menolak segala bentuk penyebaran hoaks atau berita bohong, ujaran kebencian, politik uang, politisasi agama dan etnis.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024