KPU Gunungkidul menerima seluruh surat suara untuk Pemilu 2024

id Surat suara,Pemilu 2024,Gunungkidul

KPU Gunungkidul menerima seluruh surat suara untuk Pemilu 2024

Ketua KPU Gunungkidul Asih Nuryati. ANTARA/Sutarmi

Gunungkidul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah menerima seluruh logistik surat suara untuk Pemilu Serentak 2024.

Ketua KPU Gunungkidul Asih Nuryanti di Gunungkidul, Sabtu, mengatakan rinciannya surat suara, yakni pemilihan calon presiden-calon wakil presiden, pemilihan calon anggota DPR, DPRD DIY dan kabupaten, serta DPD.

"Surat suara semua sudah ada di KPU. Pada Jumat (12/1) sore datang surat suara DPD. Jadi semua sudah datang," kata Asih.

Ia mengatakan setiap jenis surat suara yang diterima sebanyak 626.688 lembar. Jumlah tersebut menyesuaikan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 612.155 jiwa sekaligus cadangan dua persen.

Menurutnya, fokus tahapan yang dilakukan saat ini yakni sortir dan lipat surat suara. Ada sebanyak 315 orang yang terlibat dalam proses sortir dan lipat pada Jumat, 12 Januari 2024. Jumlah tersebut ditambah 55 orang pada hari ini, sehingga jumlahnya sebanyak 370 orang.

"Kami menambah orang untuk proses sortir lipat untuk bisa kejar target karena kami ingin menyelesaikan tahap ini pada 17 Januari 2024," kata dia.

Proses sortir lipat, lanjut Asih, KPU Kulon Progo melibatkan masyarakat di kawasan Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari. Dengan dominasi perempuan, ada juga sebagian tenaga merupakan kelompok difabel.

"Kemarin siapa saja kalau dapat informasi mau ikut sortir lipat dan mendaftar, kami tidak menolak," ucap dia.

Hasil sementara, surat suara rusak dari hasil sortir ada ratusan untuk logistik pemilihan capres-cawapres. Sementara, logistik surat suara pemilihan anggota DPRD DIY masih cek ulang.

"Proses sortir lipat yang sudah selesai pemilihan capres-cawapres dan DPRD DIY, sedangkan DPR RI diperkirakan selesai hari ini," ujarnya..