PKBSI tangani satwa di Medan Zoo

id PKBSI, Medan zoo

PKBSI tangani satwa di Medan Zoo

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI) Tony Sumampau (dua dari kiri) menerima bantuan donasi untuk pakan satwa di tengah pandemi COVID-19 di Lembaga Konservasi satwa "ex-situ" Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas TSI Cisarua/Andi J)

Kabupaten Bogor (ANTARA) - Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI) saat ini tengah membantu penanganan permasalahan satwa di kebun binatang Medan Zoo di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

"Upaya itu adalah inisiatif PKBSI. Kami sudah membantu secara teknis dengan menempatkan empat personel di Medan Zoo untuk pengelolaannya," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKBSI Tony Sumampau di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

Selain membantu teknis pengelolaan, kata dia, PKBSI juga memberikan bantuan pakan kepada satwa di Medan Zoo Rp3 juta per hari. Hanya saja, lanjutnya, dalam aspek bantuan pembiayaan PKBSI punya keterbatasan sehingga hanya bisa dalam waktu tertentu.

"Untuk bantuan pembiayaan pakan satwa, PKBSI maksimal hanya dapat memberikan hingga empat bulan ke depan," kata Tony yang juga Komisaris Lembaga Konservasi eks situ satwa Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor itu.

Atas permintaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), kata dia,  pihak PKBSI juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan untuk mencari solusi bagaimana dan siapa pengelola selanjutnya, sehingga ada jalan keluar.

"Saran-saran sudah kami sampaikan dan diterima dengan baik," kata Tony Sumampau.

Sementara itu Wali Kota Medan Bobby Nasution kepada pers di Medan pada 10 Januari 2024 menyatakan Pemkot Medan melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan selama ini sudah berupaya untuk membenahi Medan Zoo.

Pihaknya saat ini sedang fokus melakukan upaya jangka pendek untuk menyelamatkan satwa. Sedangkan perencanaan pendanaan jangka panjang belum diputuskan, katanya.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024