Hati-hati, balita rentan terinfeksi saat pancaroba

id Pancaroba, penyakit pancaroba, kesehatan anak

Hati-hati, balita rentan terinfeksi saat pancaroba

Ilustrasi anak-anak bermain di dalam ruangan. (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Jakarta (ANTARA) -
Dokter spesialis anak RS Universitas Indonesia dr. Rilie Armeilia Sp.A mengatakan anak kurang dari lima tahun atau balita lebih rentan terkena infeksi bakteri atau virus saat musim pancaroba karena sering beraktivitas di dalam rumah sehingga transmisi kuman lebih cepat menyebar.
 
"Biasanya kalau lembap atau hujan cenderung tinggal di dalam rumah, lebih banyak indoor daripada aktivitas di luar, dengan indoor orang banyak berkerumun di dalam ruangan itu transmisi kumannya lebih cepat apalagi kalau orang memiliki infeksi batuk pilek juga itu akan lebih berisiko," kata Rilie dalam diskusi kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.
 
Rilie mengatakan transmisi kuman juga akan lebih cepat jika tidak diikuti dengan perilaku hidup bersih dan sehat di dalam rumah seperti tidak sering cuci tangan atau memegang benda yang dipegang orang lain.
 
Tangan yang kotor lalu memegang hidung,mulut atau mata dapat lebih berisiko terpapar dengan pajanan kuman sehingga risikonya akan jauh lebih besar.
 
Ia mengatakan balita atau anak kurang dari 5 tahun memiliki daya tahan tubuh yang masih berkembang atau belum terlalu bagus dibandingkan dengan orang dewasa. Sehingga pada usia tersebut memang lebih rentan terkena infeksi virus maupun bakteri.
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Balita rentan terinfeksi saat pancaroba karena banyak aktivitas indoor