Jalur pendakian Gunung Binaiya selama pemilu ditutup

id Pendakian gunung binaiya ,Balai Taman nasional Manusela ,pemilu 2024,pemulihan ekosistem binaiya,maluku tengah ,maluku

Jalur pendakian Gunung Binaiya selama pemilu ditutup

Jalur pendakian Gunung Binaiya di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. (ANTARA/Sreenshoot Instagram)

Ambon (ANTARA) - Balai Taman Nasional (BTN) Manusela menutup jalur pendakian Gunung Binaiya di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku selama pelaksanaan pemilihan umum (pemilu).

“Kami ingin warga termasuk pengunjung wisata turut serta memberikan hak suara dalam pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024,” kata Kepala Balai Taman Nasional Manusela Mhd Zaidi di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan penutupan aktivitas wisata pendakian di Taman Nasional Manusela itu, berlangsung sejak 5 Februari sampai dengan 17 Februari 2024.

“Ini diharuskan karena kami memberikan kesempatan bagi pemandu pendakian juga ikut menggunakan hak suaranya. Kalau tetap dibuka, nanti siapa yang mendampingi pengunjung,” ujarnya.

Zaidi mengatakan selain pendakian Gunung Binaiya ditutup karena pelaksanaan pemilu, juga karena memberikan kesempatan bagi pemulihan keanekaragaman hayati (biodiversity) yang ada di Taman Nasional Manusela.

“Hal ini guna untuk memulihkan diri keanekaragaman hayati akibat aktivitas kunjungan wisata pada liburan tahun baru lalu. Karena kan banyak pengunjung,” katanya.