Membentuk Kementerian Kebudayaan ide brilian para capres, kata akademisi

id Debat Kelima Pilpres,Debat Ketiga Capres,Debat Pilpres 2024,Pilpres 2024,Pemilu 2024, Capres Anies Baswedan, Capres Prab

Membentuk Kementerian Kebudayaan ide brilian para capres, kata akademisi

Tangkapan layar ketiga Calon Presiden RI (dari kiri ke kanan) Anis Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo saat mengikuti debat kelima Pilpres 2024 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum di Jakarta, Minggu (4/2/2023) malam. (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Jakarta (ANTARA) - Akademisi Bidang Sejarah dan Peradaban Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Kemas Ari Panji menyebutkan gagasan para calon presiden (Capres) pada Pemilihan Umum 2024 yang siap membentuk Kementerian Kebudayaan adalah sebuah ide brilian.

“Ya terlebih dalam upaya perlindungan cagar budaya gagasan itu adalah ide yang sangat bagus dan brilian,” kata Ari Panji di Jakarta, Minggu malam.

Ia menjelaskan bahwa melalui pembentukan Kementerian Kebudayaan secara tersendiri maka manfaatnya pemerintah bisa berkonsentrasi secara penuh dalam upaya perlindungan cagar budaya tersebut.

Terlebih perlindungan cagar budaya yang dimaksud itu tidak sederhana, yakni meliputi aspek pendataan, pencarian, penelitian, promosi, pengelolaan dan pemanfaatan, yang menggunakan anggaran terbilang besar dari pemerintah.

Maka dengan demikian, Ari menilai upaya perlindungan tersebut akan lebih baik apabila lembaga kebudayaan yang setingkat kementerian ini berdiri sendiri ketimbang menginduk di kementerian lain seperti saat ini.

“Jadi intinya siapapun presiden nanti ya dia berkewajiban, dan undang-undang dasar mengatur itu. Bahwa kebudayaan atau katakanlah cagar budaya adalah warisan yang harus dijaga, dilestarikan, diperhatikan pemanfaatannya dan terpenting terawasi karena ini ada dana abadi nya,” kata Ari yang juga budayawan melayu Palembang.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Akademisi: Membentuk Kementerian Kebudayaan ide brilian para capres
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024