Persatuan Purnawirawan Polri Bantul deklarasi dukung Caleg DPR Yayuk Basuki

id Deklarasi Yayuk Basuki,PP Polri Bantul ,Pemilu 2024

Persatuan Purnawirawan Polri Bantul deklarasi dukung Caleg DPR Yayuk Basuki

Deklarasi dukungan untuk Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) DIY Yayuk  Basuki pada Pemilu 2024 di Kampung Mataraman, Kabupaten Bantul, DIY, Sabtu (10/2/2024) (Foto Istimewa)

Bantul (ANTARA) - Persatuan Purnawirawan (PP) Polri Cabang Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan diskusi, sosialisasi dan diakhiri dukungan untuk Calon Anggota Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Daerah Pemilihan (Dapil) DIY Yayuk  Basuki pada Pemilu 2024.

"Para purnawirawan tentunya sudah tak lagi menjadi anggota Polri, sehingga memiliki hak untuk memilih dan dipilih pada demokrasi setiap lima tahunan, termasuk dalam memilih Caleg DPR RI," kata Ketua PP Polri Cabang Bantul Kompol (Purn) Bambang Priyana disela deklarasi di Kampung Mataraman, Kelurahan Panggungharjo, Bantul, Sabtu.

Dia mengatakan, dalam Pemilu 2024, dukungan didahulukan pada anggota atau keluarga dari PP Polri yang mencalonkan diri. Kebetulan Yayuk Basuki merupakan putra dari mantan anggota polisi, ayahnya dulu bertugas di Ditlantas Kepolisian Daerah (Polda) DIY.

"Dulu ayahnya Mbak Yayuk Basuki telah berjuang di kepolisian, kemudian anaknya ada yang menjagokan sebagai calon anggota DPR RI, maka harus didukung. Dari PP Polri siapapun keluarga dari PP Polri yang maju dalam pemilu kami dukung," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan ada sekitar 400 orang purnawirawan Polri yang tergabung dalam PP Polri Cabang Bantul, namun tidak semua hadir dalam deklarasi dukungan tersebut, namun demikian pihaknya memastikan semua mendukungnya.

Tidak hanya para purnawirawan Polri yang hadir dalam deklarasi dukungan tersebut, namun juga ada sejumlah warakawuri atau istri yang ditinggal mati oleh suami anggota Polri juga memberikan dukungan untuk Yayuk Basuki.

"Kami berharap Mbak Yayuk bisa membawa aspirasi warga DIY termasuk purnawirawan Polri, supaya dari PP Polri ada yang mewakili. Kalau ada keluhan apa-apa kita kan bisa langsung menghubungi agar penyelesaian masalah bisa cepat," katanya. 

Sementara itu, Yayuk Basuki menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan para purnawirawan Polri dan warakawuri tersebut. Dia mengaku tidak asing dengan PP Polri karena dirinya merupakan bagian dari keluarga PP Polri.

"Saya harap dukungan ini menambah amunisi dalam berkontestasi di Pemilu. Semoga bisa membawa amanah dan sekaligus aspirasi apa yang diamanahkan ke saya ini," katanya.

Caleg DPR RI Dapil DIY dari PDI Perjuangan ini juga menyampaikan bahwa acara itu lebih dari deklarasi dukungan dan sosialisasi, melainkan sambung rasa sebagai sesama keluarga dari anggota PP Polri.