Bupati sebut pemungutan suara Pemilu 2024 di Bantul berjalan lancar

id Pemungutan suara ,TPS Singosaren Bantul ,Pemilu 2024

Bupati sebut pemungutan suara Pemilu 2024 di Bantul berjalan lancar

Bupati Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Abdul Halim Muslih beserta istri saat menggunakan hak pilihnya di TPS 06 Singosaren, Imogiri, Bantul DIY, Rabu (14/2/2024) (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa proses pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) wilayah kabupaten ini berjalan dengan aman dan lancar.

"Setelah kemarin saya melakukan uji petik di TPS-TPS bersama Forkopimda, kami menyatakan bahwa Pemilu di Bantul telah disiapkan dengan baik, dan insya Allah Pemilu ini berjalan lancar sampai pada penetapan hasil pemilihan di KPU nanti," kata Bupati Halim usai mencoblos di TPS 06 Singosaren, Imogiri, Bantul, Rabu.

Menurut dia, Pemilu serentak 2024 merupakan pemilihan yang sangat kompleks, karena setiap pemilih mendapatkan lima jenis surat suara untuk dipilih dengan dicoblos di dalam bilik suara TPS.

"Pemilu 2024 ini Pemilu sangat kompleks, di mana setiap warga mendapatkan lima surat suara sehingga setiap warga mesti tahu siapa siapa yang akan dipilihnya mulai presiden, anggota DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten," katanya.

Lebih lanjut Bupati berpesan kepada seluruh calon anggota legislatif dari seluruh partai politik yang bersaing dalam pemilu agar tetap menerima apapun hasilnya nanti, karena itu merupakan amanah dari rakyat yang menggunakan hak pilihnya.

"Kepada para caleg dari seluruh partai, bahwa kita semuanya sudah berikhtiar, sudah menjalankan demokrasi ini dengan baik, maka sikap kita adalah menyerahkan sepenuhnya kepada pilihan rakyat," katanya.

Bupati mengatakan, tentu akan ada calon wakil rakyat yang terpilih dan ada yang tidak terpilih, namun bagi yang tidak terpilih, atas nama Pemkab Bantul, Bupati menyampaikan apresiasi atas kontribusi terhadap pelaksanaan demokrasi ini dengan menjadi calon peserta Pemilu.

"Sehingga masyarakat memiliki pilihan yang banyak tentang siapa siapa caleg, dan bersabarlah karena peluang itu hanya dua, menang dan kalah, jadi dan tidak jadi. Sehingga yakini bahwa anda semua telah memberikan kontribusi yang terbaik bagi kehidupan demokrasi di negara kita," katanya.