Pemkab tanggung biaya pengobatan pengungsi banjir Demak, Jateng, di RS

id demak tanggung biaya rumah sakit, pengobatan pengungsi ditanggung pemkab, pengungsi banjir, banjir demak

Pemkab tanggung biaya pengobatan pengungsi banjir Demak, Jateng, di RS

Bupati Demak Eisti'anah didampingi Penjabat Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie usai rapat koordinasi di Pendopo Kabupaten Kudus, Jumat (16/2/2024). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Demak, Jawa Tengah siap menanggung semua biaya pengobatan para pengungsi yang menjalani pengobatan di rumah sakit di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

"Informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus ada warga Kabupaten Demak yang mengungsi di Kabupaten Kudus dirujuk ke rumah sakit karena harus menjalani pengobatan lebih intensif," kata Bupati Demak Eisti'anah ditemui setelah rapat koordinasi dengan Penjabat Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie di Kudus, Jumat.

Pemkab Demak akan berkoordinasi terkait dengan biaya pengobatan warganya itu di rumah sakit di Kudus, agar nantinya ditanggung oleh Pemkab Demak.

Sebetulnya, kata dia, Kabupaten Demak sudah mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan menyeluruh bagi penduduk, sehingga mendapatkan keistimewaan aktivasi kartu jaminan kesehatan nasional (JKN) yang baru dalam tempo satu hari.

Akan tetapi, warganya yang menjalani rawat inap di rumah sakit di Kabupaten Kudus ketika hendak diuruskan pendaftarannya sebagai peserta JKN, identitas dirinya hilang karena rumahnya tergenang banjir.

"Informasinya ada puluhan warga Demak yang harus menjalani rawat inap maupun rawat jalan," ujarnya.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024