Latihan Angkatan Laut 57 negara dongkrak kunjungan wisatawan

id Angkatan Laut,MNE Komodo,Pemprov Bali

Latihan Angkatan Laut 57 negara dongkrak kunjungan wisatawan

Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya saat bertemu bahas MNE Komodo Ke-5 di Denpasar, Selasa (20/2/2024). ANTARA/Ho-Pemprov Bali

Denpasar (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya mendukung diadakannya Multilateral Naval Exercise (MNE) Komodo ke-5 di Pulau Dewata, kegiatan latihan angkatan laut dari 57 negara ini dinilai bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Saya menyambut baik dan siap mendukung rencana pelaksanaan Multilateral Naval Exercise Komodo ke-5 di Bali," kata dia saat menyambut Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi dan rombongan di Denpasar, Selasa.

"Mulai tanggal 14 Februari 2024 kemarin, Kita sudah memberlakukan pungutan ke wisatawan asing sebesar Rp150 ribu yang akan digunakan untuk pelestarian alam, budaya dan alam Bali. Dengan adanya event ini maka tentu ini akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bali," sambung orang nomor satu di Pemprov Bali itu.

Menurut Sang Made, kegiatan yang merupakan bentuk diplomasi TNI Angkatan Laut dengan menghadirkan kekuatan Angkatan Laut Negara Asing di wilayah perairan Indonesia untuk melaksanakan latihan non Warfighting ini dapat membantu pariwisata Bali.

MNE Komodo ke-5 juga akan dirangkai dengan International Maritime Security Symposium (IMSS) ke-6 pada  Februari tahun 2025.

“Pertumbuhan ekonomi Bali sangat bergantung dari sektor pariwisata, khususnya wisatawan mancanegara. Sehingga pada saat pariwisata Bali mengalami cobaan, seperti pada saat peristiwa Bom Bali 1 dan 2, serta saat pandemi COVID-19 di tahun 2020 dan 2021, perekonomian Bali terkontraksi sangat dalam,” ujarnya.

Pemprov Bali mengakui pada saat pandemi 2020 pertumbuhan ekonomi terkontraksi menjadi -12,21 persen, untuk Kabupaten Badung sebagai pusat pariwisata Bali terkontraksi menjadi -16,52 persen.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Bali: Latihan Angkatan Laut 57 negara tingkatkan kunjungan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024