Taiwan usir kapal Penjaga Pantai China

id taiwan,china,perairan,kinmen,kapal

Taiwan usir kapal Penjaga Pantai China

Peta Selat Taiwan (online)

Taipei (ANTARA) - Otoritas Taiwan mengusir kapal Penjaga Pantai China yang memasuki perairan dekat sebuah pulau terpencil Taiwan, demikian menurut keterangan Taipei pada Selasa, ketika ketegangan lintas batas meningkat menyusul kematian dua nelayan China pekan lalu ketika perahu mereka dikejar otoritas Taiwan.

Perahu China tersebut memasuki perairan dekat Kinmen, hanya beberapa kilometer dari Xiamen, sebuah kota pelabuhan di provinsi Fujian, China pada pukul 9.05 pagi dan meninggalkan tempat sejam kemudian setelah kapal Taiwan mengusirnya menggunakan peralatan radio dan siaran, kata Administrasi Penjaga Pantai Taiwan.

Sehari sebelumnya, China memeriksa kapal wisata Taiwan di area itu, dengan petugas Penjaga Pantai China mengecek rencana perjalanan, sertifikat dan izin kapten dan para awak.

Kapal wisata tersebut memiliki 11 awak dan 23 penumpang dan berada sekitar 5,2 km barat laut Wushajiao Kinmen ketika dicegat oleh dua kapal penjaga pantai China pada Senin pukul 16:47 sore waktu setempat, kata penjaga pantai Taiwan, dan menambahkan bahwa pejabat China meninggalkan tempat sekitar 30 menit kemudian.

Para penumpang merasa khawatir atas pemeriksaan tersebut dan takut tidak dapat kembali ke Taiwan, menurut media pulau itu.

Rabu lalu, perahu nelayan China dari Fujian terbalik di perairan dekat Kinmen setelah diusir otoritas Tawian, dengan keempat awak terjatuh ke laut. Dua nelayan yang selamat ditahan di pulau terpencil itu sebelum dideportasi pada Selasa, menurut media Taiwan.

Sumber: Kyodo-OANA

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Taiwan usir kapal Penjaga Pantai China yang masuki perairannya
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024