Gunung Srobu diusulkan sebagai cagar budaya

id Tim ahli cagar budaya, Kota Jayapura, Gunung Srobu,cagar budaya gunung srobu

Gunung Srobu diusulkan sebagai cagar budaya

Arsip foto - Situs Neolitik Gunung Srobu di kawasan Teluk Yotefa, Desa Abe Pantai, Kota Jayapura, Povinsi Papua. (HO-Balai Arkeologi Jayapura)

Jayapura (ANTARA) - Tim Ahli Cagar Budaya Kota Jayapura, Papua akan mengusulkan Gunung Srobu di Distrik Abepura menjadi cagar budaya milik Kota Jayapura.

Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya Kota Jayapura Grace Yoku di Jayapura, Kamis, mengatakan pihaknya segera melakukan sidang untuk mengusulkan kepada pemerintah daerah setempat untuk dijadikan Gunung Srobu sebagai cagar budaya yang dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) Wali kota.

"Setelah dilakukan sidang sekaligus pengusulan ke tingkat daerah maka selanjutnya tinggal disusulkan ke tingkat nasional," katanya.

Menurut Yoku, berdasarkan hasil penelitian dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sejak 2014 bahwa Gunung Srobu memiliki banyak benda budaya hingga ada batu yang berbentuk wajah manusia.

"Jadi ada sekitar 50 hingga 100 benda budaya di dalam Gunung Srobu tersebut sehingga ini harus dilestarikan dengan menetapkan sebagai cagar budaya," ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Srobu diusulkan sebagai cagar budaya milik Kota Jayapura
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024