Unpatti-Kemenlu RI mengedukasi sistem diplomasi mahasiswa

id Ambon, Maluku, Unpatti, Kemenlu RI, Diplomasi

Unpatti-Kemenlu RI mengedukasi sistem diplomasi mahasiswa

Kegiatan Diplomacy goes to campus di Universitas Pattimura Ambon Maluku (Antara/DedyAzis)

Ambon (ANTARA) - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku, bersama Kementerian luar negeri (Kemenlu) RI mengedukasi sistem diplomasi pada mahasiswa dengan menyelenggarakan kegiatan "Diplomacy Goes to Campus".

"Kegiatan yang dilakukan saat ini penting untuk memberi ruang kepada para mahasiswa mengetahui berbagai informasi terkait diplomasi kedaulatan Indonesia, sekaligus memberikan makna bagi visi dan misi kepemimpinan empat tahun kedepannya yaitu bagaimana Unpatti memiliki reputasi di tingkat internasional," ucap Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy di Ambon, Kamis.

Menurutnya, kegiatan tersebut membawa empat poin penting yaitu peningkatan daya saing, keunggulan, penataan tata kelola, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Empat poin itu juga merupakan arah kebijakan kepemimpinan kami ke depan, yang tentu saja perlu membangun kolaborasi dengan Pentahelix perguruan tinggi dalam upaya pengembangan pendidikan tinggi," katanya. 

Untuk itu, lanjut dia, diperlukan ide-ide dan gagasan dari pihak pemerintah, akademisi, badan dan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media massa, untuk mencapai tujuan yang sama.

"Hal ini juga perlu dipromosikan melalui media sosial sehingga apa yang dikerjakan dapat diketahui oleh publik, dan dalam rangka pembinaan, pengetahuan, keterampilan serta karakter yang dilakukan dapat dijalankan sesuai dengan Tridharma perguruan tinggi," tuturnya.




 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024