UAA Yogyakarta menyiapkan lulusan sarjana kompeten bidang rumah sakit

id UAA Yogyakarta ,Prodi Administrasi Rumah Sakit ,Perguruan tinggi

UAA Yogyakarta menyiapkan lulusan sarjana kompeten bidang rumah sakit

Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta (Foto Humas UAA Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Alma Ata (UAA) Yogyakarta melalui Program Studi Sarjana Administrasi Rumah Sakit (Prodi S1 ARS) yang meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) pada Oktober 2023, berkomitmen menyiapkan lulusan sarjana kompeten bidang rumah sakit.

"Dengan terakreditasi unggul-nya Prodi S1 ARS UAA, Insya Allah menjadi sumber spirit baru terutama bagi pengelola prodi untuk terus meningkatkan kualitas lulusan," kata Rektor UAA Yogyakarta Prof Hamam Hadi dalam keterangannya di Yogyakarta, Minggu.

Dengan akreditasi unggul, kata dia, diharapkan dapat memotivasi pihak perguruan tinggi untuk selalu melakukan inovasi-inovasi pada semua aspek akademik maupun manajemen prodi agar senantiasa bisa menyiapkan lulusan yang tidak hanya kompeten di bidangnya.

"Tetapi juga mempunyai kemampuan adaptasi terhadap perubahan sebagai akibat tuntutan zaman, kebutuhan masyarakat, serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Rektor UAA.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Februari 2024 tercatat 3.169 Rumah Sakit (RS) yang tersebar di seluruh Indonesia meliputi 70 RS Kelas A, 439 RS Kelas B, 1.692 RS Kelas C, 888 RS Kelas D, 68 RS tipe D Pratama, dan 12 RS kelas belum ditentukan.

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta orang. Dengan demikian kebutuhan tenaga ahli di bidang perumah-sakitan dan tenaga kesehatan lainnya akan terus bertambah, katanya.

Oleh karena itu Prodi ARS menjawab tantangan penyediaan tenaga profesional dan ahli dalam bidang rumah sakit seiring pertumbuhan rumah sakit yang terus meningkat di Indonesia.

"Untuk memastikan agar lulusan Prodi S1 ARS UAA mempunyai kompetensi lulusan yang memadai dan mempunyai daya saing internasional, terus berbenah pada semua aspek akademik maupun non-akademik, dan terutama pada upaya penjaminan mutu pendidikan," katanya.

Sebagai wujud keseriusan UAA dalam menjamin kualitas lulusan, kata dia, maka secara periodik Prodi S1 ARS diajukan untuk diakreditasi oleh LAM-PTKes. Sejak berdiri pada 2016 Prodi S1 ARS elah dua kali diakreditasi oleh LAM-PTKes, terakhir prodi tersebut diakreditasi Oktober 2023.

Prestasi tersebut menempatkan Prodi S1 ARS UAA tercatat sebagai Prodi S1 ARS pertama yerakreditasi unggul oleh LAM-PTKes dari 92 prodi S1 ARS yang ada di seluruh Indonesia.

"Akreditasi oleh lembaga independen LAM-PTKes memberikan jaminan bahwa prodi pada perguruan tinggi telah memenuhi kriteria mutu yang sudah ditetapkan dan menjadi tolak ukur atas kualitas, akuntabilitas, dan transparansi, dari lembaga pendidikan," katanya.