Polres Bantul menggiatkan patroli cegah kejahatan jalanan saat Ramadhan

id Polres Bantul ,Intensifkan patroli ,Cegah kejahatan selama puasa

Polres Bantul menggiatkan patroli cegah kejahatan jalanan saat Ramadhan

Markas Kepolisian Resor Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggiatkan patroli guna mencegah dan mengantisipasi terjadinya kejahatan jalanan, termasuk perang sarung, di wilayah hukum setempat selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

"Saat Ramadhan, kami dari kepolisian mengintensifkan patroli, terkhusus untuk antisipasi kejahatan jalanan termasuk perang sarung. Tujuannya agar tercipta suasana Bantul yang kondusif selama Ramadhan," kata Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana di Bantul, Minggu.

Menurut dia, kejahatan jalanan, termasuk perang sarung, yang melibatkan remaja masih dijumpai pada Ramadhan. Maka dari itu, untuk mengantisipasi kejadian serupa tidak terulang lagi dan menjaga situasi kondusif Bantul, giat patroli juga ditingkatkan.

"Bila biasanya di sekitar ring road, mulai hari pertama puasa besok patroli dibagi menjadi dua wilayah, yaitu patroli wilayah utara sekitar ring road, dan wilayah selatan seperti di jalur jalan lintas selatan (JJLS) sekitar Jembatan Kretek dua," katanya.

Dia mengatakan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Bantul bukan semata tugas polisi, tetapi diperlukan juga peran serta dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kamtibmas di wilayahnya.

"Untuk itu, kami mengimbau masyarakat untuk bekerja sama dengan Polri guna mewujudkan Bantul yang aman dan nyaman," katanya.

Selain itu, para orang tua diminta memperhatikan putra-putrinya jangan sampai terlibat kejahatan jalanan maupun geng sekolah.

"Kami minta peran para orang tua untuk mengawasi putra-putrinya, perhatikan dengan siapa mereka bergaul, dan cari apabila hingga pukul 22.00 WIB belum pulang. Jangan sampai mereka menjadi pelaku maupun korban kejahatan jalanan," katanya.

Dia juga mengatakan jajaran Polres Bantul selama bulan Ramadhan akan meningkatkan patroli rutin dalam menjaga stabilitas keamanan masyarakat termasuk dari tindakan perang sarung yang dilakukan oleh para remaja.

"Tentunya kami juga akan menindak tegas kepada para pelaku kejahatan, agar masyarakat bisa nyaman menjalankan ibadah di bulan puasa," katanya.