Bantul memanfaatkan ajang pameran produk unggulan adakan bursa kerja

id Job fair ,Lowongan pekerjaan ,Bantul Creative Expo

Bantul memanfaatkan ajang pameran produk unggulan adakan bursa kerja

Stan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta pada Bantul Creative Expo di Pasar Seni Gabusan, Bantul, DIY. ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta memanfaatkan ajang pameran produk unggulan bertajuk Bantul Creative Expo 2024 di Pasar Seni Gabusan dengan mengadakan bursa kerja atau job fair yang diperuntukkan bagi pencari kerja atau pengangguran.

"Kami memanfaatkan Bantul Creative Expo 2024 untuk memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa kita bekerja sama dengan perusahaan membuka lowongan pekerjaan dengan kegiatan job fair," kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul Mujahid Amrudin di Bantul, Jumat.

Menurut dia, terdapat 11 perusahaan baik lokal, perusahaan dalam negeri dan luar negeri yang digandeng dalam bursa kerja tersebut. Layanan bursa kerja disiapkan selama dua hari pada 26 dan 27 Juli 2024 di stan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul.

"Kami menyediakan 2.000 lowongan pekerjaan dari 11 perusahaan yang bekerjasama dengan kita, dan pendaftaran akan kami layani secara online. Jadi nanti masyarakat bisa mengunjungi stan Job fair pada 26 dan 27 Juli," katanya.

Selain secara online, kata dia, pendaftaran bursa kerja juga dilayani secara offline di stan dinas yang telah disiapkan sumber daya manusia (SDM)-nya. Dengan demikian masyarakat bisa langsung berkunjung dengan membawa syarat yang diperlukan.

"Kualifikasi pendidikan ada yang mulai dari lulusan SMA, SMK, Sarjana juga ada. Dan ini diprioritaskan untuk warga Bantul, meskipun luar Bantul bisa mendaftar, karena juga dilayani secara online. Masyarakat bisa mengakses di laman web www.bantulcareerexpo.com," katanya.

Lebih lanjut dia juga mengatakan, bursa kerja dengan 2.000 lowongan pekerjaan dibuka dua hari karena menyesuaikan dengan waktu perusahaan, kemudian untuk proses seleksi dan wawancara akan diumumkan kemudian hari oleh masing masing perusahaan.

"Ini bukan event besar kami, namun harapannya bisa menekan angka pengangguran. Kami juga berencana menggelar acara serupa dalam skala yang lebih besar pada akhir tahun," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kerja dan Transmigrasi Bantul Rumiyati mengatakan, jumlah pengangguran terbuka di Bantul berdasarkan data terakhir sebanyak 24.784 orang atau sekitar 3,78 persen dari total angkatan kerja.

"Dengan adanya job fair di ajang Bantul Expo tersebut harapannya bisa mengurangi angka pengangguran terbuka di Bantul. Sehingga bagi masyarakat pencari kerja yang membutuhkan lowongan bisa mendaftar baik secara online maupun offline," katanya.