Mulai surut, sebagian daerah di Jateng yang banjir

id banjir mulai surut, demak banjir, gubernur jateng,Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana,Kepala BMKG Dwikorita Karna

Mulai surut, sebagian daerah di Jateng yang banjir

Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana bersama Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat menaiki perahu karet di bawah Jembatan Tanggulangin usai meninjau tanggul Sungai Wulan yang jebol di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Senin (18/3/2024). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

Demak (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengungkapkan bahwa sebagian kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah yang terdampak banjir mulai surut, meskipun ada beberapa kabupaten yang intensitas banjirnya masih tinggi.

"Kami mencatat kabupaten yang intensitasnya masih tinggi, yakni Kabupaten Kudus, Jepara, dan Demak," katanya saat ditemui usai mengunjungi lokasi jebolnya tanggul kiri Sungai Wulan di Dukuh Norowito Desa Ketanjung Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak, Senin.

Dalam kunjungannya tersebut, terdapat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi, Panglima Komando Daerah Militer IV Diponegoro Mayjen Deddy Suryadi, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Pj Bupati Kudus M. Hasan Chabibie, dan Bupati Demak Eisti'anah, beserta Forkopimda Demak dan Kudus.

Kesembilan kabupaten/kota di Jateng yang terdampak banjir adalah Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Kendal, Demak, Kudus, Pati, Jepara, dan Kabupaten Grobogan.

Dengan mulai surutnya banjir di Kabupaten Grobogan, Pekalongan, Pati, Kendal, Kota Semarang, dan Pekalongan, tentunya perlu dipertahankan.

"Salah satunya tentu melalui langkah-langkah rekayasa cuaca atau operasi teknologi modifikasi cuaca -TMC- untuk mengurangi dampak banjir di Jateng, terutama di Kabupaten Demak dan Kudus," katanya.

Bahkan, kata Nana Sudjana, BNPB akan memperpanjang masa operasi TMC, dengan harapan penutupan tanggul kiri Sungai Wulan bisa segera dilakukan.

Sementara itu, Bupati Demak Eisti'anah mengakui sebagian besar desa terdampak banjir di Kabupaten Demak belum sepenuhnya surut. Daerah yang sudah surut, yakni di Desa Merak, Kecamatan Dempet.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur: Sebagian daerah di Jateng yang terdampak banjir mulai surut
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024