Jaga aneka ragam hayati, OIKN rintis gerakan 'citizen science'

id Ibu kota nusantara,IKN,hutan kalimantan,Ikn hijau

Jaga aneka ragam hayati, OIKN rintis gerakan 'citizen science'

Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN Myrna Safitri dalam peluncuran Rencana Induk Pengelolaan Keanekaragaman Hayati di IKN, di Jakarta, Selasa (26/3/2024). ANTARA/Shofi Ayudiana

Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyatakan akan melibatkan masyarakat dalam pengumpulan data dan analisis terkait keanekaragaman hayati di ibu kota negara baru tersebut melalui gerakan citizen science atau ilmu pengetahuan warga.

Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN Myrna Safitri, di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa gerakan tersebut bertujuan tak hanya untuk meningkatkan partisipasi publik dalam riset dan pengembangan IKN, tetapi juga meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keanekaragaman hayati di IKN.

“Sehingga anak-anak maupun orang dewasa akan lebih akrab dengan berbagai kondisi yang ada, dengan keanekaragaman hayati di IKN, dengan melakukan pengamatan dan terlibat dalam diskursus-diskursus yang ada,” kata Myrna.

Citizen science mengacu pada sebuah gerakan ketika masyarakat umum dilibatkan dalam kegiatan penelitian.

Citizen science biasanya berfokus pada pengumpulan data dan analisis yang terkait dengan topik tertentu. Dengan melibatkan banyak orang dari berbagai latar belakang, citizen science dapat menghasilkan data yang lebih komprehensif.

Myrna mengatakan bahwa OIKN juga akan meluncurkan program citizen forester dalam beberapa bulan ke depan. Program ini merupakan bagian dari pengembangan citizen science di IKN.

Citizen forester adalah gerakan yang mengajak masyarakat untuk terlibat dalam pemantauan konservasi satwa liar. Masyarakat akan diajak untuk melakukan pengamatan, pendataan, dan pelaporan tentang satwa liar di IKN.

Menurut data OIKN, terdapat 3.889 spesies yang diindikasikan terdapat dalam radius 50 km dari Nusantara.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: OIKN rintis gerakan 'citizen science' bantu jaga keanekaragaman hayati
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024