Bapanas intensif edukasi penyelamatan pangan untuk ibu rumah tangga

id Bapanas,Pangan

Bapanas intensif edukasi penyelamatan pangan untuk ibu rumah tangga

Kegiatan Ramadhan Ceria Pangan (RCP) yang dilaksanakan Bapanas berkerja sama dengan Superindo dan Food Bank of Indonesia (FOI) untuk sosialisasi penyelamatan pangan di Palang Merah Jakarta Barat. ANTARA/HO-Humas Bapanas

Jakarta (ANTARA) - Badan Pangan Nasional (Bapanas) terus melakukan edukasi mengenai penyelamatan pangan lewat “Ramadhan Ceria Pangan”, dengan menyasar berbagai lapisan masyarakat mulai dari anak-anak hingga ibu rumah tangga.

"Anak-anak ini akan memegang tongkat estafet di masa depan. Karena itu mereka perlu dibekali satu konsep tentang bagaimana berperilaku terhadap pangan secara lebih baik, tidak boros pangan, sehingga dampaknya tidak hanya pada dirinya, tapi juga pada lingkungan sekitarnya,” kata Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Bapanas Nyoto Suwignyo dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Nyoto mengatakan penanganan Food Loss and Waste (FLW) dengan menyasar berbagai lapisan masyarakat sangat penting dilakukan untuk diinternalisasi nilai-nilai yang berkaitan dengan pangan demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Begitu juga dengan para ibu yang notabene menyediakan pangan bagi rumah tangga itu harus teredukasi mengenai bagaimana memanfaatkan pangan secara baik dan mencegah perilaku boros pangan,” ujar Nyoto.

Kegiatan Ramadhan Ceria Pangan (RCP) dilaksanakan Bapanas bekerja sama dengan Superindo dan Food Bank of Indonesia (FOI) di Palang Merah Jakarta Barat.

Sementara itu, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi Bapanas Nita Yulianis mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang dimasifkan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dan sesuai arahan Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi.

“Kami punya mitra luar biasa karena kita menyadari pemerintah tidak bisa sendiri. Karena itu kami apresiasi Superindo dan FOI berkolaborasi bersama kami sehingga bisa berbagi untuk semua,” ungkap Nita.

Melalui kegiatan Ramadhan Ceria Pangan, Bapanas melakukan pendekatan utama dalam upaya mengurangi pemborosan pangan melalui upaya sosialisasi, promosi, dan advokasi.

Selanjutnya fasilitasi aksi penyelamatan pangan untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, melalui penyediaan mobil logistik dan food truck serta upaya kolaborasi dengan para donatur pangan beserta penggiat “Selamatkan Pangan”.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bapanas gencarkan edukasi penyelamatan pangan pada ibu rumah tangga
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024