Pasokan mencukupi penuhi distribusi energi Lebaran 2024

id pertamina,pertamina hulu energi,phe,idul fitri 2024,pasokan energi

Pasokan mencukupi penuhi distribusi energi Lebaran 2024

Ilustrasi - Pegawai PT Pertamina Hulu Energi (PHE). ANTARA/HO-Subholding Upstream Pertamina

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Energi (PHE), sebagai bagian Satuan Tugas Ramadhan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2024 PT Pertamina (Persero), memastikan operasional berjalan dengan baik untuk menjamin pasokan guna mendukung distribusi energi selama Ramadhan hingga Lebaran.

Corporate Secretary Subholding Upstream Pertamina Arya Dwi Paramita dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, menyatakan PHE selaku Subholding Upstream Pertamina, mempunyai tugas utama untuk mencari sumber minyak dan gas yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.

Beberapa upaya untuk mendukung distribusi tersebut, lanjutnya, di antaranya dicapai PT Pertamina EP (PEP) Sangatta Field yang mampu memproduksi minyak sebesar 3.545 BOPD (barrel of oil per day atau barel minyak per hari) pada Maret 2024 atau tertinggi sejak 1987.

Tingkat produksi itu, menurut dia, dicapai atas keberhasilan sumur pengembangan ST-217 yang berkontribusi sebesar 269 BOPD sejak diproduksikan pada 20 Maret 2024 dan sumur workover ST-194 yang menyumbang sebesar 206 BOPD sejak 21 Maret 2024.

Saat ini, PEP Sangatta Field berada di bawah Subholding Upstream Pertamina Regional 3 Zona 9.

"Hal ini merupakan wujud nyata upaya Subholding Upstream dalam menahan laju penurunan alami (natural declining rate) dan mempertahankan tingkat produksi lapangan yang dikelola," ujarnya.

Selain itu, tambahnya, untuk menjaga keberlanjutan pasokan migas dalam negeri, kegiatan pengeboran eksplorasi terus dijalankan, salah satunya sumur Julang Emas yang berada di wilayah Pertamina EP Donggi Matindok Field (PEP DMF), Banggai, Sulawesi Tengah.

"Diharapkan temuan ini nantinya akan mendorong angka produksi PEP DMF berupa gas yang saat ini tercatat sebesar 95 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD)," katanya.

Dikatakannya, PHE juga merupakan kontributor produksi minyak nasional sebesar 68 persen dan gas sebesar 33 persen.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PHE pastikan pasokan untuk penuhi distribusi energi Idul Fitri 2024