PMI DIY meminta masyarakat sempatkan donor darah di sela berlebaran

id donor darah,PMI DIY

PMI DIY meminta masyarakat sempatkan donor darah di sela berlebaran

Ilustrasi - Pengunjung mendonorkan darahnya saat Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial 2019 di Mal Malioboro, Yogyakarta, Senin (1/4/2019). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmok/ama.

Yogyakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta meminta masyarakat menyempatkan diri melakukan donor darah di sela bersilaturahim selama libur Lebaran 2024.

"Terutama untuk menjaga di dua minggu setelah lebaran biasanya permintaan (kantong darah) kembali seperti semula," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Pelayanan PMI DIY Warjiyani di Yogyakarta, Jumat.

Warjiyani menuturkan hingga hari ketiga lebaran persediaan kantong darah di DIY menipis meski masih relatif aman untuk memenuhi kebutuhan.

"Kalau lebaran kaya gini kan pada menunda donor darah karena masih pada Liburan," ujar dia.

Mengingat stok yang menipis, menurut dia, PMI DIY akan memprioritaskan penyaluran stok darah ke rumah sakit yang paling dahulu mengajukan permohonan pasokan darah.

"Masing-masing unit donor darah (UDD) sudah kerja sama dengan rumah sakit untuk distribusi darah sesuai kebutuhan," kata dia.

Ia menyebutkan, berdasar data pada Jumat (12/4), stok darah di PMI Kota Yogyakarta untuk golongan darah A komponen darah utuh atau whole blood (WB) lima kantong, sel darah merah atau PRC 13 kantong dan trombosit atau TC enam kantong.

Golongan darah B untuk komponen WB dua kantong, PRC 107 kantong, TC delapan kantong.

Golongan darah O untuk komponen WB tujuh kantong, PRC 15 kantong dan TC tujuh kantong. Sedangkan golongan darah AB komponen WB dua kantong, PRC tujuh kantong, dan TC 11 kantong.

Guna menambah stok, PMI DIY bersama PMI kabupaten/kota akan melakukan upaya jemput bola tempat ataupun lokasi lain yang menyelenggarakan kegiatan donor darah massal.

Upaya jemput bola, kata dia, juga akan disertai pembagian bingkisan sembako hingga doorprize kepada pendonor.

"Imbauannya tetap untuk donor darah terutama untuk pendonor darah sukarela, apalagi sudah mendapat notifikasi donor. Masyarakat yang mau balik boleh donor dulu di UDD PMI kabupaten/kota," kata dia.