Bawaslu Kulon Progo siap mengawasi tahapan Pilkada 2024

id Pilkada 2024,Kulon Progo,Bawaslu Kulon Progo

Bawaslu Kulon Progo siap mengawasi tahapan Pilkada 2024

Ketua Bawaslu Kulon Progo Marwanto saat menjadi pembina upacara dalam rangka HUT ke-16 Bawaslu di halaman Kantor Bawaslu Kulon Progo, Rabu. ANTARA/HO-Dokumen Bawaslu Kulon Progo.

Kulon Progo (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta siap mengawasi setiap tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak November 2024.

"Hajatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang akan digelar serentak November mendatang akan dijadikan ajang untuk menegaskan bahwa bawaslu merupakan lembaga pengawas yang terpercaya,” kata Ketua Bawaslu Kulon Progo Marwanto saat menjadi pembina upacara dalam rangka HUT ke-16 Bawaslu di halaman Kantor Bawaslu Kulon Progo, Rabu.

Ia mengatakan sesuai Perbawaslu Nomor 6 tahun 2020, bahwa visi Bawaslu adalah menjadi lembaga pengawas pemilu yang terpercaya. Untuk dapat mengemban visi tersebut, menurut Marwanto, hal itu harus dijawab dengan kinerja pengawasan.

Pada pelaksanaan Pemilu 2024, Bawaslu Kulon Progo hingga pengawas pemilu berusaha maksimal menekan terjadinya praktik politik uang dan menyukseskan pemilu.

“Ada sejumlah catatan dan masukan dari berbagai pihak terkait pengawasan di Pemilu 2024. Kami mengucapkan terima masih, dan akan kami jadikan untuk evaluasi perbaikan kerja-kerja pengawasan Pilkada November 2024 nanti," kata Marwanto.

Marwanto mengatakan terkait pengawasan awal yang akan dilakukan untuk mengawasi tahapan pilkada, pihaknya akan melakukan pengawasan rekrutmen panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

“Jadwalnya 17 April ini sudah dimulai tahapan rekrutmen PPK. Tapi info yang kami dengar, 17-19 April, KPU RI masih melakukan rakor dengan KPU di daerah terkait rekrutmen tersebut. Pengawasan yang kami lakukan terhadap rekrutmen PPK, antara lain menyampaikan surat imbauan agar rekrutmen PPK sesuai dengan regulasi,” katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bawaslu Kulon Progo siap awasi tahapan Pilkada 2024