Bupati Gunungkidul minta Jaga Warga ikut menjaga keamanan lingkungan

id jaga warga,Gunungkidul

Bupati Gunungkidul minta Jaga Warga ikut menjaga keamanan lingkungan

Bupati Gunungkidul Sunaryanta melantik anggota Jaga Warga di Kalurahan Wareng dan Wunung pada Kamis (18/4). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan Jaga Warga di Kalurahan Wareng dan Wunung ikut serta dalam menjaga keamanan hingga ketertiban di lingkungan tempat tinggal.

"Keberadaan Jaga Warga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menjaga keamanan, ketenteraman, ketertiban dan kesejahteraan," kata Bupati Gunungkidul Sunaryanta di sela mengukuhkan Kelompok Jaga Warga Kalurahan Wareng dan Wunung di Gunungkidul, Kamis.

Ia mengatakan keamanan di wilayah Gunungkidul, utamanya keamanan masing-masing kalurahan, merupakan tanggung jawab bersama sehingga Jaga Warga yang baru dilantik dapat menumbuhkan kembali nilai luhur yang ada di masyarakat.

Kelompok Jaga Warga berkewajiban menyosialisasikan keberagaman, gotong royong dan keikutsertaan masyarakat menciptakan keamanan dan ketertiban menjadi tanggung jawab bersama.

"Kelompok Jaga Warga dapat menumbuhkan semangat gotong royong antarwarga serta menjaga masyarakat dari ancaman yang dapat muncul dari berbagai aspek," katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunungkidul Edi Basuki mengatakan Jaga Warga yang dikukuhkan di dua kalurahan tersebut berjumlah 275 orang yang berasal dari 11 padukuhan. Masing-masing padukuhan terdiri dari 25 orang.

"Kelompok Jaga Warga memiliki tugas yang cukup luas dalam membantu pemerintah untuk menyelesaikan konflik di masyarakat serta urusan pemerintahan dalam bidang pembangunan dan kemasyarakatan," kata Edi.

Dia mengatakan pembentukan Jaga Warga sesuai amanat Peraturan Gubernur Nomor 28 Tahun 2021. Satpol PP Gunungkidul diberikan tugas membentuk kelompok Jaga Warga di padukuhan.

"Setiap bulan ada empat kali pengukuhan yang akan kita laksanakan," katanya.