Kemenag memastikan calon haji DIY berangkat lewat Bandara Adi Soemarmo

id Haji,DIY,Bandara Adi Soemarmo

Kemenag memastikan calon haji DIY berangkat lewat Bandara Adi Soemarmo

Ilustrasi -Jamaah melakukannya tawaf mengelilingi Ka'bah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. (ANTARA/Desi Purnamawati)

Yogyakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan calon haji asal provinsi ini tetap diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Solo di Bandara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag DIY Aidi Johansyah di Yogyakarta, Senin, mengatakan kebijakan itu tidak berubah meski saat ini Bandara Adi Soemarmo tidak lagi berstatus bandara internasional.

"Bandara internasional memang sekarang ada pembatasan, tapi ada klausul bahwa yang (bandara) tidak internasional bisa menerbangkan dengan penerbangan tertentu itu yang menjadi dasar kenapa Solo tetap dijadikan embarkasi untuk penerbangan haji," kata Aidi.

Kendati Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) telah ditetapkan pemerintah sebagai satu-satunya bandara internasional di DIY-Jateng, Aidi mengatakan bandara yang berlokasi Kulon Progo, DIY tersebut belum bisa menjadi embarkasi lantaran belum terdapat asrama haji serta fasilitas lain terkait haji.

"Di Yogyakarta kan belum ada asrama hajinya, belum ada fasilitas itu sehingga belum bisa dijadikan embarkasi," ujar dia.

Sebelumnya, rencana pembangunan asrama haji di Kabupaten Kulon Progo, DIY sudah mendapat izin dari Gubernur Sri Sultan HB X.

Menurut Aidi, saat ini sudah ada lahan yang disiapkan sekitar tujuh hektare di lokasi yang tidak jauh dari YIA.

Aidi menuturkan, pada 2024 DIY bakal memberangkatkan sebanyak 3.402 calon haji yang terdiri atas 3.147 orang berdasarkan kuota reguler, 128 kuota tambahan, dan 74 orang yang merupakan calon haji mutasi dari daerah lain.

"Itu belum termasuk petugas kloter sebanyak 50 orang," kata dia.

Ribuan calon haji asal DIY tersebut, kata dia, terbagi menjadi 11 kelompok terbang (kloter) yang diawali Kloter 46 sampai 54, Kloter 81, dan terakhir Kloter 100.

Kloter 46 akan masuk Asrama Haji di Donohudan Boyolali, Jateng kemudian berangkat pada 24 Mei dan dijadwalkan tiba di Tanah Suci pada 25 Mei 2024.

Sedangkan kloter terakhir yakni Kloter 100 akan masuk asrama haji pada 9 Juni, berangkat pada 10 Juni dan dijadwalkan tiba di Tanah Suci pada 10 Juni 2024.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024