Bawaslu Kulon Progo menggelar tes tertulis calon panwaslu kecamatan

id Tes tertulis,Panwascam,Pilkada 2024,Bawaslu Kulon Progo,Kulon Progo

Bawaslu Kulon Progo menggelar tes tertulis calon panwaslu kecamatan

Marwanto, Ketua Bawaslu Kulon Progo memberikan sambutan pada acara tes tertulis bagi calon Panwaslu Kecamatan Pilkada 2024. ANTARA/HO-Dokumen Bawaslu Kulon Progo.

Kulon Progo (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar tes tertulis bagi calon anggota panwaslu kecamatan untuk Pilkada 2024.

Ketua Bawaslu Kulon Progo Marwanto di Kulon Progo, Rabu, mengatakan tes tertulis tersebut digelar di salah satu ruang laboratorium UNY Kampus Wates, Kabupaten Kulon Progo.

"Dari 23 pendaftar yang dinyatakan lolos administrasi, yang datang mengikuti tes tertulis sebanyak 21 orang pendaftar. Mereka mengisi formasi untuk tiga kecamatan," kata Marwanto.

Ia mengatakan dua orang yang tidak hadir, semua dari Kecamatan Panjatan. Mereka tidak hadir karena kebetulan yang bersangkutan ada kegiatan lain.

"Dan yang bersangkutan memilih meninggalkan atau tidak ikut tes tertulis," katanya.

Marwanto mengatakan tes tertulis yang diselenggarakan dengan metode model computer assisted test (CAT) menyediakan dua jenis soal, yakni pilihan ganda dan esai.

Soal pilihan ganda berjumlah 100 dengan durasi waktu pengerjaan 90 menit, sementara soal esai berjumlah 10 soal dengan durasi waktu 45 menit.

Ia menambahkan dari hasil tes tertulis tersebut nantinya akan ditentukan dua kali kebutuhan di masing-masing kecamatan berdasarkan peringkat nilai tes tertulis.

Bawaslu kabupaten Kulon Progo akan berkoordinasi dengan Bawaslu DIY untuk menentukan nama-nama yang dinyatakan berhak mengikuti tahapan tes selanjutnya, yakni tes wawancara.

“Tes wawancara dijadwalkan berlangsung 18-20 Mei. Harapannya, sesuai timeline yang telah dibuat Bawaslu RI, tanggal 24-25 sudah akan bisa dilantik Panwascam Pilkada 2024," kata Marwanto.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024