Bawaslu Kulon Progo meloloskan 178 calon pengawas desa

id Pilkada 2024,Kulon Progo,Bawaslu Kulon Progo

Bawaslu Kulon Progo meloloskan 178 calon pengawas desa

Ketua Bawaslu Kulon Progo Marwanto. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meloloskan 178 calon pengawas desa/kalurahan untuk Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Ketua Bawaslu Kulon Progo Marwanto di Kulon Progo, Minggu, mengatakan pendaftar pengawas desa Pilkada 2024 yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dari 184 pendaftar yang tersebar di 88 desa berjumlah 178 calon.

"Pendaftar yang tidak lolos sebagian besar karena yang bersangkutan tidak melengkapi berkas administrasi pendaftaran hingga batas waktu yang ditentukan, yakni 25 Mei," kata Marwanto.

Dia mengatakan alah satu berkas yang tidak diserahkan atau tidak dilengkapi oleh pendaftar adalah surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit pemerintah.

"Pendaftar yang tidak lolos karena tidak melengkapi persyaratan," katanya.

Setelah pengumuman nama-nama yang lolos seleksi administrasi, lanjut Marwanto, tahapan selanjutnya adalah tes wawancara yang dijadwalkan 27-28 Mei. Tes wawancara akan dilaksanakan oleh panwas kecamatan yang personilnya baru saja dilantik Jumat (24/5) lalu.

Menurut Marwanto, sesuai pedoman pembentukan pengawas desa yang diterbitkan Bawaslu RI menyebutkan bahwa tahap awal pembentukan pengawas desa diambil alih oleh bawaslu kabupaten karena pada waktu itu panwas kecamatan belum terbentuk.

"Besok Senin dan Selasa, jajaran kami di panwas kecamatan akan melakukan tes wawancara terhadap calon pengawas desa yang dinyatakan lolos seleksi administrasi," katanya.

Meski wawancara dilakukan panwas kecamatan, namun soal yang digunakan untuk tes wawancara akan dikirim langsung oleh Bawaslu RI melalui bawaslu provinsi dan kabupaten sekitar satu jam sebelum tes berlangsung.

“Akhir dari proses pembentukan pengawas desa adalah pelantikan dan orientasi (pembekalan) kelembagaan yang dijadwalkan tanggal 1 atau 2 Juni,” katanya.