Warga di Pringsewu, Lampung, diminta antisipasi banjir

id BNPB, Banjir Pringsewu, Lampung, Teropong Bencana

Warga di Pringsewu, Lampung, diminta antisipasi banjir

Tim petugas gabungan mengangkut perabotan warga terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Way Tebu, Pringsewu, Lampung, Sabtu (25/5/2024). (ANTARA/HO-BNPB)

Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan warga dan pemerintah daerah di Kabupaten Pringsewu, Lampung untuk cermat mengantisipasi bencana banjir susulan.

"Itu karena masih ada potensi hujan berintensitas deras di wilayah Lampung," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Ia menjelaskan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan dini waspada potensi hujan deras disertai kilat/petir dan angin kencang di Tanggamus, Lampung Barat, Lampung Utara, dan Way Kanan pada Minggu (26/5) sore.

Pihaknya menilai peringatan dini hujan deras patut dicermati oleh masyarakat Pringsewu karena daerah itu berpotensi menerima kiriman luapan air bila hujan deras dan berlangsung lama mengguyur Tanggamus dan Lampung Barat.



Hal demikian berkaca dari banjir yang melanda empat desa di Pringsewu, Sabtu (25/5) siang. Tim BNPB mengkonfirmasi bencana ini dipicu oleh meluapnya Sungai Way Tebu dan ditambah kiriman air dari wilayah hulu Pringsewu, Jumat (24/5) malam.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB ingatkan warga di Pringsewu Lampung antisipasi banjir susulan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024