Sesuai P5, pilihan buku sastra masuk kurikulum di Indonesia

id Sastra masuk kurikulum,Sastrawan,Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ,P5

Sesuai P5, pilihan buku sastra masuk kurikulum di Indonesia

Sastrawan sekaligus Anggota Tim Kurator Sastra Masuk Kurikulum Okky Madasari (paling kanan), Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Anindito Aditomo (tengah), dalam temu media tentang sastra masuk kurikulum di Jakarta, Jumat (31/5/2024). (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)

Jakarta (ANTARA) - Sastrawan sekaligus Anggota Tim Kurator Sastra Masuk Kurikulum, Okky Madasari memastikan pilihan buku sastra yang akan digunakan sebagai bahan ajar telah menyesuaikan dan mematuhi kriteria Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

"Pemilihan buku untuk setiap jenjang itu selalu patuh pada indikator untuk memenuhi kriteria P5, itu berlaku di setiap jenjang, baik SD, SMP, maupun SMA, dan ketika diterapkan, tentu caranya akan lain, pemenuhannya akan berbeda di setiap jenjang," ujar Okky dalam temu media bersama Kemendikbudristek di Jakarta, Jumat.

Okky menyampaikan hal tersebut merespons beberapa buku rekomendasi yang ramai dipersoalkan oleh berbagai pihak, salah satunya karena mengandung konten-konten seksual.



Menurutnya, konten-konten tersebut perlu dibaca secara utuh, karena jika dibaca hanya per baris atau kalimat, tidak bisa mewakili makna buku secara keseluruhan.

"Ketika ada satu buku, misalnya ada yang mempersoalkan karya-karya Saras Dewi, itu kan cara seorang penyair untuk menganalogikan bahwa alam itu kekasih kita, jadi dia memeluk teluk seperti memeluk tubuh seseorang, itu sebuah buku yang berbicara tentang ekologi, lingkungan," katanya.

Buku-buku semacam itu, lanjut dia, direkomendasikan, karena tim kurator ingin mendekatkan dan menyadarkan para siswa tentang pentingnya melestarikan lingkungan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tim kurator pastikan pilihan buku sastra masuk kurikulum sesuai P5
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024