Indonesia-Jepang perkuat kerja sama ekonomi industri

id Menperin,Indonesia Jepang

Indonesia-Jepang perkuat kerja sama ekonomi industri

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bersalaman dengan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hayashi Yoshimasa setelah melakukan pertemuan di Tokyo, Jumat (21/6/2024). (ANTARA/HO-Kemenperin)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia berharap dapat memperkuat kerja sama ekonomi industri dengan Jepang, baik melalui forum-forum internasional maupun perjanjian strategis.

Dalam rangka membahas program-program kerja sama antara kedua negara, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan bilateral dengan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hayashi Yoshimasa di Tokyo, Jumat (21/6).

“Kami mengharapkan dukungan Kepala Sekretaris Kabinet dalam kerja sama ekonomi industri kedua negara,” kata Agus, dalam siaran pers Kemenperin di Jakarta, Minggu.

Hubungan kerja sama ekonomi Indonesia-Jepang terjalin melalui berbagai forum internasional dan perjanjian strategis, seperti Indo Pasific-Economic Framework for Presperity (IPEF), Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), dan ASEAN-Jepang Comprehensive Economic Partnership Agreement (AJCEPA).

Pada akhir 2023 lalu, Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida meresmikan pertemuan puncak Peringatan 50 Tahun Kemitraan ASEAN-Jepang di Tokyo, menandai lima dekade kolaborasi yang berhasil menjaga stabilitas, perdamaian, dan pertumbuhan ekonomi di kawasan.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RI ingin perkuat kerja sama ekonomi industri dengan Jepang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024