Pemkab Sleman berkomitmen memberantas narkoba melalui desa bersinar

id Desa bersinar,Sleman,Bupati Sleman,BNN

Pemkab Sleman berkomitmen memberantas narkoba melalui desa bersinar

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. ANTARA/Sutarmi

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berkomitmen memberantas narkoba dengan membentuk 17 desa bersinar dengan melaksanakan program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Sebagai bentuk komitmen Pemkab Sleman, kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Sleman, Rabu, pihaknya menetapkan 17 desa bersinar melalui SK Bupati Sleman dengan anggaran komulatif sebesar Rp409,75 juta.

"Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan secara masif terhadap program P4GN yang diintegrasikan dalam berbagai program dan kegiatan di lingkungan OPD di Kabupaten Sleman, di antaranya sosialisasi dan tes urine," kata Kustini usai mendapat penghargaan Tokoh Publik Penggiat Antinarkoba.

Kustini Sri Purnomo mendapat penghargaan Tokoh Publik Penggiat Antinarkoba karena atas partisipasi dalam upaya pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di Kabupaten Sleman.

Selain itu, Bupati Sleman juga telah menginisiasi terobosan baru kampanye antinarkoba melalui program simulasi permainan antinarkoba dan lomba film antinarkoba se-Kabupaten Sleman.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada BNN, dan semua pihak yang terlibat dalam upaya pemberantasan narkotika di Kabupaten Sleman," katanya.

Menurut dia, penghargaan tersebut merupakan motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Sleman untuk terus melakukan aksi nyata guna menghindarkan masyarakat Sleman dari bahaya narkoba.

"Karena dengan narkoba, masa depan akan hancur. Siapa lagi kalau tidak dimulai dari diri kita, keluarga kita, dan masyarakat kita. Hal ini juga perlu bersinergi semua OPD dan BNN dalam rangka mewujudkan Sleman Bersinar," katanya.

Sementara itu, Kepala BNNP DIY Brigjen Pol. Andi Fairan mengatakan bahwa Pemkab Sleman mempunyai komitmen yang kuat dalam melaksanakan upaya P4GN.

Ia juga mengapresiasi program-program Pemkab Sleman dalam memerangi narkoba di wilayah, seperti program Desa Bersinar dan program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM).

"Jadi, layaklah saya memberikan penghargaan kepada Bupati Sleman atas kerja samanya untuk menangani masalah pencegahan dan pemberantasan narkoba di Kabupaten Sleman ini. Mudah-mudahan ini adalah langkah kecil, tetapi untuk perubahan yang besar menuju Sleman yang bersih dari narkoba," katanya.