Pemerintah dongkrak kapasitas SDM konservasi energi di RI

id kementerian esdm,bpsdm kementerian esdm,konservasi energi

Pemerintah dongkrak kapasitas SDM konservasi energi di RI

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) Kementerian ESDM melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketengalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian ESDM menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Sektor Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) dengan tema "Sinergi Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Bidang Konservasi Energi" di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/6/2024). ANTARA/HO-Humas Kementerian ESDM

Jakarta (ANTARA) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) Kementerian ESDM meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bidang konservasi energi dengan menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Sektor Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

FKP, yang dilaksanakan BPSDM melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketengalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian ESDM di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/6/2024) itu bertema "Sinergi Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Bidang Konservasi Energi".

Kepala PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM Susetyo Edi Prabowo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan FKP EBTKE dilaksanakan sebagai jembatan untuk interaksi secara langsung antara pemerintah dan masyarakat.

"Forum ini tidak hanya menjadi saluran informasi, tetapi juga sebagai media untuk mendengar, memahami, dan merespons aspirasi serta keluhan masyarakat," ujarnya.

Narasumber FKP adalah Pengawas Konservasi Energi Direktorat Konservasi Energi Kementerian ESDM Wijaya Ikhlasa Rajasa, yang menjelaskan materi tentang "Internalisasi terkait PP Nomor 33 Tahun 2023".

Selain itu, Widyaiswara Ahli Madya PPSDM KEBTKE Kementerian ESDM Aspita Dyah Fajarsari dengan materi "Layanan Peningkatan Kapasitas SDM bidang Konservasi Energi"; dan Kasi Energi Dinaskertrans dan Energi Pemprov Jakarta Togas Braini, yang memberikan materi "Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Konservasi Energi/Pengelolaan Energi dan Pengembangan SDM Sektor Energi di Daerah".

Sampai tahun ini, telah dilaksanakan 30 audit energi oleh PPSDM KEBTKE pada bangunan gedung RSUD, kantor dinas, kecamatan, kelurahan, dan puskesmas.

Menurut dia, perlu kerja sama semua pihak untuk mendukung konservasi energi yang optimal dan updating peraturan.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPSDM Kementerian ESDM tingkatkan kapasitas SDM konservasi energi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024